Peristiwa Daerah

Warga Kurang Mampu dapat Fasilitas Nikah Gratis dari Omah Duafah Gresik

Rabu, 13 Januari 2021 - 22:30 | 54.09k
Prosesi nikah gratis yang digelar oleh Omah Duafah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Prosesi nikah gratis yang digelar oleh Omah Duafah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKOmah Duafah Kabupaten Gresik Jawa Timur kembali menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat kalangan bawah. Kali ini, lembaga sosial ini menikahkan 15 pasangan pengantin.

Belasan pasang pengantin ini berasal dari keluarga kurang mampu seperti pengamen dan pengemis yang bermukim di sekitar kawasan Terminal Gubernur Suryo Gresik.

Sejumlah pasangan pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Sebab, mereka bakal memiliki dokumen resmi pasangan suami-istri yang diakui negara.

Founder Omah Duafah Syaichu Busyiri mengatakan, kegiatan yang digagas kali ini untuk memfasilitasi masyarakat yang tak memiliki biaya untuk menggelar pernikahan.

"Meski terbilang singkat, namun kami bisa memberikan kebahagiaan kepada mereka yang telah menikah secara resmi dan diakui oleh negara," katanya, Rabu (13/1/2021).

Alasan menggelar nikah massal ini, Anggota DPRD Gresik ini menyatakan awalnya dia menemukan anak didik di Omah Duafah tak memiliki dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan kartu keluarga. 

Ketika ditelusuri, ternyata banyak dari orang tua mereka hanya nikah siri. Karena pernikahan tidak tercatat oleh negara, anak keturunannya tidak memiliki dokumen kependudukan.

"Awalnya kami prihatin karena hampir semua siswa program bimbingan belajar kami untuk anak jalanan yang sudah berjalan hampir lima bulan ternyata tidak mempunyai akta," terangnya.

Sementara itu, Ketua Omah Duafah Afif Fakhruddin menyatakan ke depan pihaknya akan menggelar kegiatan yang sama dengan jangkauan lebih luas. 

Karena di tengah pandemi, ditambahkan Afif kegiatan nikah massal ini dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

"Kami, dari Omah Duafah Gresik akan menggelar kegiatan nikah masaal bagi duafah dengan jangkauan lebih luas. Semoga bermanfaat dan kami terus menebar kebaikan bagi sesama," ujarnya, menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES