Pendidikan UIN Malang

Di Jombang, KKN DR UIN Maliki Malang Bantu Kreasi Konektor Masker Manik-manik

Rabu, 13 Januari 2021 - 22:24 | 113.67k
Sosialisasi pembuatan konektor masker memanfaatkan manik-manik sebagai bahan utama.
Sosialisasi pembuatan konektor masker memanfaatkan manik-manik sebagai bahan utama.

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok KKM DR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) di Dusun Gambang, Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang melakukan inovasi ekonomi dengan sosialisasi pembuatan konektor masker memanfaatkan manik-manik sebagai bahan utama.

Sosialisasi tersebut diadakan di Balai Desa Plumbon Gambang yang bekerja sama dengan Ibu Rumah Tangga setempat. Di mana desa ini dikenal sebagai penghasil manik-manik tersbesar di Indonesia.

konektor-masker-2.jpg

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memerikan inovasi terkait meningkatkan ekonomi warga setempat, karena konektor masker masih jarang dibuat oleh pengrajin manik-manik di Desa Plumbon Gambang," ujar Anik, Ketua PKK setempat pada Jumat (25/12/2020).

Pada kegiatan ini yang menjadi pemateri adalah beberapa mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjalankan KKM DR di Desa Plumbon Gambang. Kegiatan ini bekerja sama dengan toko manik-manik setempat untuk mensuplai bahan pembuatan konektor masker tersebut.

Dalam kegiatan di Kabupaten Jombang ini, Feti Nur Laili selaku salah satu peserta kelompok mahasiswa KKM DR UIN Maliki Malang menjelaskan bentuk konektor masker bisa bemacam-macam sesuai kreativitas pembuat. Makin rumit bentuk konektor masker, maka waktu yang diperlukan juga makin lama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES