Kopi TIMES

Milenial dan Outlook Indonesianomics 2021

Kamis, 14 Januari 2021 - 03:40 | 25.39k
Milenial dan Outlook Indonesianomics 2021
Achmad Faizal Nasrullah Kuncoro, Sekjen Wilayah ISMEI (Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia) Jawa Timur.
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan tahun baru 2021 diwarnai berbagai protokol ketat, pembatasan wilayah dan penutupan beberapa destinasi wisata, semua dilakulan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Harapan baru menyongsong 2021 begitu merona ditambah datangnya vaksin Covid-19 yang telah mendarat di dalam negri seperti suatu energi baru menyambut harapan di tahun baru.

Berbagai prediksi perbaikan ekonomi akan terjadi pada tahun ini, seperti yang di proyeksikan world bank pada tahun 2021 di prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan di angka 4.4 persen, sedang IMF memproyeksikan 6.1 persen, sedangakn outlook APBN 2021 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5.0 persen, optimisme ini bukanlah tanpa sebab.

Pemberian berbagai program dari stimulus ekonomi hingga jaring pengaman sosial rasanya akan semakin terlihat implikasinya oada 2021, belum lagi pada APBN 2021 program stimulus ekonomi masih di genjot untuk membangun perekonkmian nasional. Namun Covid-19 dan dampak multidimensinya tak berhenti disini, mutasi genetik pada Covid-19 ini yang terjadi di inggris memperikan peringatan baru bahwa problem kesehatan dari virus ini belumlah selesai, malah pada VUI 202012/01 dilihat lebih ganas dan menular. Lalu apakah apakah tahun 2021 akan tidak jauh berbeda dengan 2020 ?? Tak ada satupun orang yang berharap seperti itu namun kondisi saat ini memungkinkan hal itu terjadi.

Tantangan Mutan VUI 202012/01

Terang belum kunjung terbit setelah vaksin hadir karena Covid-19 telah bertransformasi menjadi bentuk baru yang sementera di berikan kode VUI 202012/01 ( Variant Under Investigation) yang beberapa peniliti menggaop variant baru Covid-19 70 persen lebih menular. Mutan baru virus corona ini telah diidentifikasi di Inggris, beberapa negara Eropa lainnya,

Australia dan Afrika Selatan. Bahkan, Menteri Kesehatan Inggris mengatakan pada hari Minggu (20/12/2020) bahwa variasi virus corona baru tersebut di luar kendali.

Ancaman baru muncul tepat ketika pengenalan beberapa vaksin yang dikembangkan di AS, Inggris, dan China meningkatkan harapan di seluruh dunia bahwa pandemi Covid-19 dapat dikalahkan. virus ini juga di identifikasi lebih menginfeksi pada anak-anak, di inggris pada bulan November VUI 202012/01 menyebabkan peningkatan rawat inap yang signifikan pada bulan Desember. Para ilmuwan di Inggris sekarang sedang mempelajari strain mutan untuk menentukan apakah ia kebal terhadap vaksin. Akan tetapi, hal itu akan membutuhkan waktu setidaknya dua minggu sebelum mereka mendapatkan hasil yang pasti.

Namun mereka tetap optimistis. Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah Inggris, mengatakan strain baru mengandung 23 perbedaan, termasuk cara virus mengikat sel manusia dan memasuki sel. Simon Clarke, profesor mikrobiologi seluler di University of Reading, mengatakan mutasi memengaruhi lonjakan protein yang menumbuhkan virus corona dan memberinya nama VUI 202012/01. Tahun 2021 masih menjadi tabir yang di bayangi transformasi Covid-19 sedang vaksin yang hadir hari ini akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19 bukan mutasinya.

Proyeksi Ekonomi kita

Pengeshaan UU MINERBA dan Omnibus Law Cipta kerja, mengerahkan perekonomian Indonesia pada eksplorasi lebih sumberdaya alam, penggenjotan sektor manufaktur, dan akselerasi UMKM, implikasi dari 2 kebijakan besar tersebut memang mulai terasa, terlepas berbagai kecemasan dan gelombang penolakan 2 kebijakan tersebut. Bukan hanya dengan regulasi, peran aktif pemerintah tidaklah main-main program Pemulihan Ekonomi Nasional dengan gelontoran anggaran 695 Triliun rupiah pada 2020 akan dilanjutkan dengan porsi 372.3 Trilliun rupiah.

Lalu hasil dari kebijakan tersebut mulai terlihat pada kuartal III di mana indikator-indaktor ekonomi mulai membaik, aktivitas produksi sektor-sektor utama telah mengalami rebound seperti pada industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, kontruksi, pengadaan listrik dan gas, serta transportrasi dan perdagangan telah mengalami perbaikan. Sedangkan sektor pertanian, informasi komunikasi dan jasa pendidikan mengalami pertumbuban signifikan.

Secara perhitungan matematis ekonomi memang 2 kebijakan besar tadi memberikan hasil positif, Namun ancaman lingungan dan jaminan tenaga kerja masih menjadi bayang-bayang yang mencemaskan. pertumbuhan ekonomi memang penting namun pertumbuhan tanpa peningkatan yang setara dengan keterbukaan lapangan kerja, kesejahteraan, dan keberlanjutan lingkungan hidup akan memberikan dampak buruk di hari depan. Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang seharusnya menjadi hal utama yang perlu di perhatikan karena pertumbuhan tanpa di barengi hal tersebut adalah omong kosong yang malah membuat jurang kesenjangan, kemiskinan dan kesengsaraan semangakin 'menganga'.

Salah satu hal yang patut kita syukuri dari omnibus law cipta kerja adalah jalan terang u ntuk sektor UMKM, dimana fasilitas kemudahan perizinan dan permodalan begitu di berikan perhatian dan kemudahan luar biasa oleh pemerintah, tinggal bagaimana masyarakat khusunya pemuda mengambil peluang besar ini dalam karya nyata. Terlepas dari tantangan mutasi genetik dari Covid-19, kondisi lingkuangan hidup, optimisme menyambut tahun 2021 haruslah tetap terjaga.

Green & Knwoledge Economics, dan Milenial

Modal terbesar pada abad ini bukanlah tentang besaran sumberdaya alam yang dimiliki, pergeseran economic based resource menuju economic based knowledge begitu nyata, hari ini 100 barel minyak mungkin lebih berharaga satu tera harddisck berisikan 100 juta database konsumen. Revolusi biotek dan infotek mengubah orientasi serta berbagi instrumen kehidupan.

Pada awal abad ke 20 kita akan melihat bagaimana suksesnya keluarga rockefeller membuat standart oil, juga negara-negara seperti Indonesia, Dubai, dan daratan arab yang kaya akan minyak merasakan manisnya sumberdaya alam. Pada abad 21 negara-negara yang bahkan tidak memiliki cukup sumber daya alam seperti Singapore, jepang, bahkan distrik seperti sillicon valley menjadi wilayah yang sangat mashur di abad ini, bukan karena jutaan barrel minyak, atau berjuta ton batu bara, namun kulitas sumberdaya manusia yang memiliki kapabilitas intlektual menjadi sumberdya terbaik abad ini. Percepetan kemajuan Dunia tertransformasi juga pada indonesia juga, startup seperti Gojek, tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya menggeser perusahaan raksasa yang pada awal abad 21 masih memimpin seperti Garuda dan Bluebird.

Disengaja ataupun tidak jika kita melihat unicorn-unicorn indonesia kebanyakan yang berkiprah disana adalah anak muda, disini membuktikan pergeseran ini di motori oleh para generasi muda. Namun kesenjangan revolusi infotek ini juga memberikan ancaman, dimana disrupsi teknologi mengancam berbagai profesi, manusia akan beradu dengan kemampuan artificial intelegence dan machine learning. kelas nirguna akan menjadi kelas yang paling menderita karena tidak relevan dengan kondisi zaman. Di titik ini dibutuhkan lah anak muda yang memeliki kapabilitas dan semangat baja untuk memberikan karya terbaik untuk bangsa kita, bukan hanya berkreasi untuk kemjaun namun juga mengedepankan keberlanjutan ekosistem dan kesejahteraan bersama.

Kemajuan hari ini berbanding terbalik dengan kondisi lingkungan hidup, perubahan iklim, kerusakan lingkungan, emisi karbon, polusi tanah hingga laut masih menjadi persoalan yang mengancam keberlangsungan kehidupan manusia, pergeseran orientasi dari sumberdaya alam ke sumberdaya intlektual belum memberikan perubahan signifikan pada perbaikan lingkungan hidup, Ekomomi berorientasi pada lingkungan adalah keharusan dan tidak bisa di tawar lagi, orientasi pertumbuhan tidak boleh picik hanya bertujuan pada pertumbuhan dan efisiensi produksi, namun juga harus mengedepankan bagaimana kondisi lingkungan hidup, pemerataan kesejahteraan, dan kesempatan.

Green economic dan Economic based knowledge haruslah di elaborasikan untuk mengurai segala persoalan baik jangka pendek maupun jangka panjang, baik dari segi lingkungan maupun kesejahteraan. Para millenial haruslah menyambut hal ini menguraai segala persoalan dengan kompelksitas tingkat tinggi ini, dengan berbagai karya nyata sebelum persoalan yang lebih kompleks nan menakutkan datang. Bahkan setiap Negara harus merespon perubahan alam dan persaingan teknologi secara terintegrasi dan komprehensif.

Respon tersebut dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder maupun pemangku kepentingan politik global, mulai dari sektor swasta dan UMKM, sektor publik, akademisi, hingga masyarakat sipil tokoh agama dan tokoh adat, sehingga tantangan pandemi covid 19 di era Revolusi Industri 4.0 saat ini dapat dikelola menjadi peluang Kebangkitan Ekonomi Bangsa.

***

*) Oleh: Achmad Faizal Nasrullah Kuncoro, Sekjen Wilayah ISMEI (Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia) Jawa Timur.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Usai Tinjau Lokasi Banjir di Halmahera Utara, Mensos RI Bermalam di Ternate
    Usai Tinjau Lokasi Banjir di Halmahera Utara, Mensos RI Bermalam di Ternate
    19/01/2021 - 18:57
  • Setiap Musim Hujan Jalan Berlubang, Ini Kata PU Bina Marga Jatim
    Setiap Musim Hujan Jalan Berlubang, Ini Kata PU Bina Marga Jatim
    19/01/2021 - 18:52
  • Wali Kota Marten Taha Lantik 10 Pejabat Pratama Baru Pemkot Gorontalo
    Wali Kota Marten Taha Lantik 10 Pejabat Pratama Baru Pemkot Gorontalo
    19/01/2021 - 18:47
  • Mobil Dinas Wali Kota Probolinggo Bisa Dipinjam untuk Pernikahan
    Mobil Dinas Wali Kota Probolinggo Bisa Dipinjam untuk Pernikahan
    19/01/2021 - 18:42
  • Pertimbangkan Prestasi Non-Akademik, Polije Buka Pendaftaran Maba Jalur Tanpa Tes
    Pertimbangkan Prestasi Non-Akademik, Polije Buka Pendaftaran Maba Jalur Tanpa Tes
    19/01/2021 - 18:37
  • Gubernur DIY Lakukan Pemasangan Patok Trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen
    Gubernur DIY Lakukan Pemasangan Patok Trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen
    19/01/2021 - 18:30
  • Mendagri RI: Pilkada Serentak 2020 Mendapat Apresiasi dari Dalam Maupun Luar Negeri
    Mendagri RI: Pilkada Serentak 2020 Mendapat Apresiasi dari Dalam Maupun Luar Negeri
    19/01/2021 - 18:25
  • Dua Puluh Pengusaha Kuliner Terjaring Operasi Penertiban
    Dua Puluh Pengusaha Kuliner Terjaring Operasi Penertiban
    19/01/2021 - 18:20
  • Waduh, 28 Kecamatan di Kabupaten Indramayu Masuk Zona Merah
    Waduh, 28 Kecamatan di Kabupaten Indramayu Masuk Zona Merah
    19/01/2021 - 18:20
  • Bidik Market Wisatawan, UB Buka Cafe Eduwisata di Kawasan Cangar
    Bidik Market Wisatawan, UB Buka Cafe Eduwisata di Kawasan Cangar
    19/01/2021 - 18:13

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Jokowi, Vaksin Sinovac, dan Legitimasi MUI
    Jokowi, Vaksin Sinovac, dan Legitimasi MUI
    19/01/2021 - 09:39
  • Musibah Demi Musibah
    Musibah Demi Musibah
    19/01/2021 - 00:50
  • Optimisme Gresik Baru
    Optimisme Gresik Baru
    18/01/2021 - 23:04
  • Gotong Royong Milenial, Kearifan Lokal Menyokong Penanganan Covid-19
    Gotong Royong Milenial, Kearifan Lokal Menyokong Penanganan Covid-19
    18/01/2021 - 22:41
  • Tahun Pengharapan 2021: Indonesia Bangkit Melalui Ekonomi Kreatif
    Tahun Pengharapan 2021: Indonesia Bangkit Melalui Ekonomi Kreatif
    18/01/2021 - 21:00
  • Pendidikan untuk Lanjut Usia
    Pendidikan untuk Lanjut Usia
    18/01/2021 - 20:24
  • Orang Pintar yang Dipelihara oleh Orang Awam
    Orang Pintar yang Dipelihara oleh Orang Awam
    18/01/2021 - 16:35
  • Mewujudkan Instansi yang Bersih
    Mewujudkan Instansi yang Bersih
    18/01/2021 - 14:15

KULINER

  • Nikmati Sensasi Makan Siang di Tengah Taman Bunga di Jombang
    Nikmati Sensasi Makan Siang di Tengah Taman Bunga di Jombang
    19/01/2021 - 07:03
  • Malas Sarapan Nasi Bubur Sumsum jadi Solusi, Ini Resepnya
    Malas Sarapan Nasi Bubur Sumsum jadi Solusi, Ini Resepnya
    19/01/2021 - 05:24
  • Filosofi Bubur Sumsum yang Manis dan Lembut di Mulut
    Filosofi Bubur Sumsum yang Manis dan Lembut di Mulut
    19/01/2021 - 04:37
  • Berawal Dari Cinta, Waroeng Dolan Cirebon Sajikan Mie Korea
    Berawal Dari Cinta, Waroeng Dolan Cirebon Sajikan Mie Korea
    18/01/2021 - 04:20
  • Yuk Cobain 6 Resep Masakan Anti Ribet ala MasterChef Indonesia
    Yuk Cobain 6 Resep Masakan Anti Ribet ala MasterChef Indonesia
    17/01/2021 - 14:00
  • Tiada Gempa dan Bencana, Korem dan 13 Kodim TNI Raib dari Bumi NKRI
    Tiada Gempa dan Bencana, Korem dan 13 Kodim TNI Raib dari Bumi NKRI
    19/01/2021 - 00:24
  • Seragam Basah Kolonel Rudy Ajudan Jokowi Jadi Sorotan
    Seragam Basah Kolonel Rudy Ajudan Jokowi Jadi Sorotan
    19/01/2021 - 05:54
  • Ternyata Letjen TNI Prabowo Diam-diam Deal Bikin Rudal dan Jet Tempur
    Ternyata Letjen TNI Prabowo Diam-diam Deal Bikin Rudal dan Jet Tempur
    19/01/2021 - 11:03
  • Mengenang Junaedi Salat, dari Ali Topan Anak Jalanan Jadi Pendeta
    Mengenang Junaedi Salat, dari Ali Topan Anak Jalanan Jadi Pendeta
    19/01/2021 - 00:00
  • Mayor TNI yang Difitnah Tewas Karena Vaksin Ternyata Prajurit Raider
    Mayor TNI yang Difitnah Tewas Karena Vaksin Ternyata Prajurit Raider
    19/01/2021 - 06:00