Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Pemkab Bantul Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 - 21:42 | 27.90k
Pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati. (Foto: Humas RSPS for TIMES Indonesia)
Pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati. (Foto: Humas RSPS for TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Untuk memastikan vaksinasi Covid-19 berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan, Dinas Kesehatan Pemkab Bantul menggelar simulasi Rabu (13/1/2021) di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Simulasi disaksikan langsung Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bantul Agus Budi Raharjo. Serta perwakilan 33 perwakilan fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk untuk melayani vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Bantul Agus Budi Raharjo mengatakan simulasi perlu dilakukan. Menyusul pemberian vaksin Covid-19 yang harus dilakukan dengan teliti. Menyusul penerima vaksin yang sudah terdaftar dalam aplikasi. Sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara online. Perbedaan ini yang harus diketahui oleh seluruh petugas yang akan memberi vaksin.

Terkait pelaksanaan pemberian vaksin di kabupaten Bantul diperkirakan pada akhir Januari atau awal Februari 2021. Menyusul kabupaten Bantul bersama Gunung Kidul dan Kulon Progo yang akan mendapat distribusi vaksin tahap kedua dari Pemda DIY. Walau demikian Dinas Kesehatan Bantuk sudah menyiapkan nama-nama penerima secara simbolis vaksin Covid-19.

"Mundurnya jadwal semoga membuat seluruh personil semakin siap," jelas Agus.

Koordinator vaksinasi RSUD Panembahan Senopati Bantul Agus Tri Widiyantoro menjelaskan berdasarkan hasil simulasi pengaturan waktu masih menjadi hal yang perlu mendapat perhatian. Sebab ditargetkan dalam satu hari vaksinasi dilakukan dalam tiga sesi. Dengan 20 penerima vaksin untuk setiap sesinya.

Berdasarkan hasil simulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan bertahap di 4 meja. Meja pertama untuk pendaftaran menggunakan aplikasi yang tersedia. Meja 2 skrining untuk memastikan pasien siap menerima vaksin. Meja 3 vaksinasi dan meja 4 observasi untuk memastikan tidak terdapat efek dari pemberian vaksin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES