Peristiwa Daerah

Langganan Banjir, Masyarakat Desak Pemkab Cirebon Lakukan Upaya Normalisasi Sungai

Rabu, 13 Januari 2021 - 21:18 | 24.22k
Masyarakat desak Pemkab Cirebon tangani banjir (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Masyarakat desak Pemkab Cirebon tangani banjir (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Memasuki musim penghujan, sejumlah desa di Kecamatan Waled, Cirebon Timur kerap kali menjadi langganan banjir. Untuk itu, masyarakat mendesak Pemkab Cirebon untuk melakukan upaya berupa normalisasi sungai dan membuat saluran air.

Salah Seorang Warga, Ojah mengatakan Desa di Kecamatan Waled seringkali diterpa banjir dan setiap hujan deras dari Kuningan langsung berimbas ke wilayah Gunung Sari.

"Iya, bahkan luapan air sering masuk sampai ke rumah warga dan juga beberapa fasilitas umum lainnya seperti sekolah dan tempat ibadah," ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, permasalahan ini harus ada solusi, karena ini sudah menjadi musibah rutin setiap tahunnya. Ia meminta Pemerintah untuk bisa melakukan tindakan nyata agar wilayahnya tidak terkena banjir kembali.

"Peran pemerintah sangat kita harapkan, salah satunya untuk dilakukan normalisasi yang seharusnya dilakukan dari hulu ke hilir," terangnya.

Pj Kuwu Desa Gunungsari, Rusnadi menuturkan warga mendesak Pemerintah untuk membuat saluran sodetan untuk meminimalisir luapan air masuk ke dalam rumah warga.

Ia meminta baik Pemkab Cirebon ataupun Pemerintah Pusat untuk segera mengatasi permasalahan banjir di wilayahnya. "Pemerintah Desa dan warga juga berharap ada perhatian khusus untuk wilayah yang menjadi langganan banjir," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES