Peristiwa Daerah

Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon Diundur

Rabu, 13 Januari 2021 - 21:03 | 26.30k
Simulasi pemberian vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cirebon (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Simulasi pemberian vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cirebon (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Dinas Kesehatan Kota Cirebon memundurkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal ini dikarenakan Pemerintah Pusat baru akan mendistribusikan vaksin Sinovac pada 25 Januari 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan semula diberitahukan pendistribusian vaksin sinovac pada tanggal 13 atau 15 Januari. Namun demikian vaksin sinovac baru dikirimkan pada 20 Januari kepada setiap daerah.

"Awalnya dari tanggal 13 atau 15 Januari sekarang diundur jadi tanggal 20 Januari baru dikirim ke daerah. Kemungkinan sampai Kota Cirebon tanggal 25 Januari 2021," kata Edy, Rabu (13/1/2021).

Masih dikatakannya, pemberian vaksin yang akan di terima oleh 5.600 nakes ini diberikan sebanyak 2 kali dengan rentan waktu dua minggu.

"Pelaksanaan penyuntikan kemungkinan setelah Cimahi, Depok, baru datang ke Cirebon. Kami berharap bisa menerima 5.600 vaksin, yang antri sekarang ada 4.000 lebih. Jadi tidak bisa sehari bergelombang sampai April 2022," jelasnya.

Edy menambahkan ketahanan vaksin yang diberikan hanya selama satu tahun, apabila sudah satu tahun berlalu maka kemungkinan virus yang dilemahkan oleh vaksin akan aktif kembali.

"Dengan daya tahan vaksin melemahkan virus selama setahun, dalam pelaksanaaannya pemberian vaksin Covid-19 secara berkala sebanyak dua kali," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES