Gaya Hidup

Sanggar Seni Dewata Soentja Cirebon Tampilkan Tari Cingcowong

Rabu, 13 Januari 2021 - 22:06 | 86.86k
Tari magis cingcowong (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Tari magis cingcowong (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Anak-anak Sanggar Seni Dewata Soentja menampilkan tari tradisional kontemporer Cingcowong dalam perlombaan tari yang digelar secara virtual.

Tari Cingcowong sendiri merupakan tarian rakyat yang bergenre magis yaitu penggambaran dari boneka jelangkung adat tradisi Jawa.

Ketua Sanggar Seni Dewata Soentja, Irfan Handrian mengatakan seni tari tersebut merupakan tarian rakyat yang bercerita tentang boneka jelangkung yang hidup dimainkan anak-anak, lengkap juga dengan ritual pembakaran menyan.

"Disini wajah penari juga dihiasi topeng yang bergambar karakter dari beberapa sifat manusia," ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Masih dikatakannya, sifat-sifat dari karakteristik manusia itu seperti sifat angkara murka, sifat egois, dan juga sifat humor. Tari tradisional Cingcowong ini merupakan tarian khas daerah pulau Jawa.

"Penggabungan dari tari khas Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Dalam pementasan perlombaan tersebut, tidak hanya ada satu tarian yang diikut sertakan tetapi masih ada beberapa tari lainnya seperti tari topeng, tari jaipong dan juga tari wayang," pungkas Ketua Sanggar Seni Dewata Soentja(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES