Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Persiapan Vaksinasi Covid-19, Puskesmas se Banyuwangi Gelar Simulasi

Rabu, 13 Januari 2021 - 20:11 | 25.90k
Cuplikan gambar video proses simulasi vaksinasi (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Cuplikan gambar video proses simulasi vaksinasi (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Simulasi vaksinasi Covid-19 secara serentak dilakukan di Kabupaten Banyuwangi. Simulasi digelar oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas se Banyuwangi.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, simulasi tersebut dilakukan agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat berjalan lancar dan akurat.

Simulasi yang digelar dilakukan dengan cara mendokumentasikan tahapan-tahapan pelaksanan dalam bentuk audio visual yang kemudian dikirim ke Dinkes setempat.

"Semuanya sudah mengirim video simulasi, tujuannya adalah puskesmas benar-benar memahami, mengetahui tentang SOP (standar operasional prosedur) dari vaksinasi ini," kata Rio sapaan akrabnya, Rabu (13/1/2021).

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi itu menyebut dalam simulasi yang dilakukan terdapat sejumlah tahapan. Mulai dari alur pelayanan hingga tata cara pemberian vaksin kepada pasien

"Jadi orang yang akan divaksinasi pertama harus diapakan, diperiksa apa, dan sebagainya," ungkap Rio.

Rio menyebut, simulasi ini merupakan serangkaian kegiatan persiapan untuk program vaksinasi yang akan dilakukan nantinya.

"Sambil menunggu vaksin tiba di Banyuwangi, kita siapkan segala keperluannya, termasuk simulasi ini. Sementara untuk pelaksanaan vaksinasinya sendiri insyallah pada akhir Januari atau awal Februari," ujarnya.

Rio menambahkan, vaksin pertama ini diprioritaskan kepada tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan penanganan penyebaran Covid-19. Pihaknya juga sudah mendata nakes yang nantinya akan mendapatkan vaksin tersebut.

"Sudah 100 persen data yang masuk ke sistem, itu sebanyak 6.080 tenaga kesehatan," terangnya.

Saat itu, pihaknya tengah menyiapkan tenaga vaksinator yang nantinya dibutuhkan untuk memperlancar proses vaksinasi.

"Tenaga vaksinator sedang terproses, mulai kemarin ada tambahan vaksinator yang akan terus berlangsung dalam beberapa tahapan," tandas Rio.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, vaksin akan dikirim ke Banyuwangi pada 22 Januari 2021. Untuk pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi kemungkinan baru akan dilaksanakan pada akhir Januari 2021 atau awal Februari 2021.

Selain itu, Banyuwangi juga telah mengajukan 10 nama untuk menjadi orang pertama penerima vaksinasi Covid-19. Diantaranya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan sejumlah pimpinan Forkopimda, Ketua MUI dan Forum Komunikasi Umat Beragama Banyuwangi (FKUB). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES