Peristiwa Nasional

Menlu RI Retno Marsudi Terpilih Menjadi Co-Chairs Covax AMC EG

Rabu, 13 Januari 2021 - 19:06 | 24.41k
Menlu Retno Marsudi Terpilih Menjadi Co-Chairs Covax AMC EG. (Foto: Dokumentasi Kemenlu)
Menlu Retno Marsudi Terpilih Menjadi Co-Chairs Covax AMC EG. (Foto: Dokumentasi Kemenlu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia melalui Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi terpilih menjadi salah satu Co-Chairs (Ketua Bersama) COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (COVAX-AMC EG).

Pemilihan Indonesia menjadi Co-Chairs melalui proses voting yang berlangsung secara daring pada 8 hingga 12 Januari 2021 waktu Jenewa.

"Alhamdullillah dalam pemilihan tersebut, Indonesia mendapatkan suara terbanyak yaitu 41 persen dari suara masuk," ucap Menlu Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (13/1/2021).

Retno mengatakan, dua hal mendasari terpilihnya Indonesia menjadi Ketua COVAX-AMC EG. Pertama, tentunya ini merupakan wujud dari kepercayaan dunia internasional terutama negara berkembang kepada Indonesia.

"Kedua, ini merupakan tanggung jawab besar Indonesia bagi terwujudnya kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Tanggung jawab besar ini harus ditunaikan sebaik mungkin,” jelasnya.

Retno menekankan terkait penanganan Covid-19 serta ketersediaan vaksin, Indonesia terus menyuarakan prinsip kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

“Kita meyakini bahwa pandemi dunia ini tidak akan dapat diselesaikan apabila semua negara belum dapat menyelesaikan pandemi di negara masing-masing. Kita sering sebut prinsip no one is safe until every one is (tidak akan ada satu orangpun yang selamat, hingga semua orang selamat),” terangnya.

COVAX AMC EG ini merupakan forum antara negara AMC dengan negara-negara donor untuk pengadaan dan distribusi vaksin bagi negara AMC.

COVAX Facility memiliki target pengadaan vaksin bagi 20 persen dari populasi setiap negara AMC dan mendukung kesiapan negara AMC untuk melakukan rencana vaksinasi nasional. Dan Indonesia mendapat kepercayaan menjadi salah satu co-chairs melalui Menlu RI, Retno Marsudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES