Peristiwa Daerah

Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Imbau Warga Tak Takut Vaksin Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 - 18:38 | 27.55k
Deteksi Covid-19 dengan pemeriksaan rapid tes (Dinar/Times Indonesia)
Deteksi Covid-19 dengan pemeriksaan rapid tes (Dinar/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Asep Muslim miris dengan naiknya kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya. Karena itu, Asep mengimbau masyarakat agar tidak takut dengan vaksin Covid-19.

Angka kasus Covid-19 semakin meningkat. Salah satunya di Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan informasi dari gugus tugas Tasikmalaya, dalam 10 hari terakhir terdapat 202 kasus baru dan sebanyak 9 orang meninggal akibat Covid-19.

"Kita berharap, masyarakat bisa mengikuti program vaksinasi ini. Ini bentuk ikhtiar pemerintah dalam mengakhiri Pandemi Covid-19," tutur Asep pada Rabu (13/1/2021).

Asep yang juga Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Tasikmalaya menegaskan agar masyarakat jangan terpengaruh oleh hoaks terkait vaksin Covid-19.

"Kita percaya penuh kepada pemerintah, bahwa pemerintah sudah melakukan serangkaian proses untuk memastikan bahwa vaksin Covid-19 ini aman," sambungnya.

Menurutnya, masyarakat harus mengetahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah merilis izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 alias izin emergeny Use Authorization (EUA) atas vaksin Sinovac China dan Bio Farma.

Sebagai informasi, suntik vaksin Covid-19 akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Namun, efek samping vaksin tersebut hanya bersifat ringan dan sedang. Efek samping yang timbul berupa nyeri, iritasi, pembengkakan. Adapun efek sistemik berupa nyeri otot, fatigue dan demam.

"Kita simak paparan BPOM di sejumlah berita menyatakan bahwa data imunogenisitas vaksin ini sampai 3 bulan cukup baik, yakni di atas 99 persen. Imunogenisitas menggambarkan kadar antibodi yang meningkat kemudian bisa menetralisir dan membunuh virus yang masuk ke tubuh manusia," jelasnya.

Yang penting diketahui juga masyarakat, lanjutnya, vaksin Covid-19 ini sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI lewat Fatwa Nomor 02 Tahun 2021 tentang vaksin virus corona produksi Sinovac dan Biofarma. Itulah yang membuat Anggota DRPD Kabupaten Tasikmalaya meminta warga tak ragu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES