Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Pejabat Negara Berjoget Tanpa Gunakan Masker

Rabu, 13 Januari 2021 - 17:21 | 39.21k
Sebuah video pejabat negara berjoget dalam suatu acara tanpa menggunakan masker. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Sebuah video pejabat negara berjoget dalam suatu acara tanpa menggunakan masker. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah video tentang pejabat negara berjoget dalam suatu acara tanpa menggunakan masker beredar di media sosial Facebook. Video tersebut diunggah oleh Ali Mansur pada 6 Januari 2021.

Dalam unggahannya, Ali Mansur menyampaikan bahwa ada hiburan yang melibatkan pejabat tidak mengenakan masker. Ali berpendapat bahwa para pejabat ini terlihat nampak bahagia. Ia juga menyematkan video Tri Rismaharini yang berjoget di tengah sebuah acara. Dalam video berdurasi 1:30 menit, terlihat sejumlah pejabat yang hadir berjoget di tengah nyanyian lagu Gemu Famire.

Berikut narasi yang diunggah Ali Mansur

Breaking news
Ada hiburan joget dan dansa para pejabat, kenapa tidak pakai masker???.
Mereka begitu bahagia.

hoaks facebook 2Sumber: Postingan Facebook

CEK FAKTA 

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi pejabat negara berjoget tanpa menggunakan masker tidak benar. Karena informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. 

Menurut penelusuran terhadap video yang beredar ditemukan bahwa acara tersebut merupakan acara hiburan di sela Rapat Koordinasi Pemerintahan Provinsi Jawa Timur 2020 di Grand City Surabaya, 31 Januari 2020. Video itu pertama kali diunggah oleh Antara Jatim di channel YouTube pada 4 Februari 2020 dengan judul "Mendagri Nyanyi Gemu Famire, Risma Joget Maumere, Mahfud Md Ikutan." Video yang diunggah itu berdurasi 3:18 menit. Sedangkan video yang tersebar merupakan potongan yang tidak utuh.

hoaks facebook 3Sumber: Mendagri Nyanyi Gemu Famire, Risma Joget Maumere, Mahfud Md Ikutan | YouTube

Penelusuran lain juga mengarah pada pemberitaan Antara Jatim pada 31 Januari 2021. Dalam artikel berjudul "Mendagri Gemu Famire Risma Berjoget Maumere" juga menyebutkan acara berlangsung di Kota Surabaya 

hoaks facebook 4Sumber: Mendagri nyanyi "Gemu Famire", Risma berjoget Maumere | Antara Jatim

Sebagai informasi, pada 31 Januari 2020, Indonesia belum mengumumkan kasus Covid-19, meskipun wabah sudah terjadi di Wuhan, China. Pemerintah baru mengumumkan dua kasus Covid-19 pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020. Kasus tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dua kasus itu dialami oleh seorang ibu dan putrinya, masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun.

hoaks facebook 5Sumber: Presiden RI Jokowi Umumkan Dua Kasus Virus Corona di Indonesia

Informasi yang salah ini juga telah diverifikasi antara lain oleh Tempo, Merdeka, dan Mafindo. Hasil penelusuran hoaks menemukan bahwa informasi tersebut tidak benar. 

hoaks facebook 6Sumber: Keliru, Klaim Ini Video Mensos Risma dan Mendagri Berjoget Tanpa Masker di Tengah Pandemi Covid-19 | Tempo

hoaks facebook 7Sumber: CEK FAKTA: Hoaks Video Menteri Risma Berjoget dan Melupakan Kematian 6 Anggota FPI | Merdeka

hoaks facebook 8Sumber: [SALAH] Risma Joget Tanpa Menggunakan Masker | CEKFAKTA

KESIMPULAN

Berdasarkan fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi terkait pejabat negara berjoget dalam sebuah acara tanpa menggunakan masker merupakan informasi hoaks. Sebab, peristiwa tersebut berlainan dengan fakta yang terjadi. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi terkait pejabat berjoget dalam sebuah acara tanpa menggunakan masker merupakan Misleading Content atau Konten Menyesatkan. Konten penyesatan ini terjadi akibat sebuah konten dibentuk secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar atau video, yang diedit ataupun ditambahkan keterangan sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. Konten ini berbeda konteks dengan fakta aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES