Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Vaksinasi Covid-19 Pertama di Jatim Berlangsung di Grahadi Esok Pagi

Rabu, 13 Januari 2021 - 18:02 | 20.96k
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono saat menunjukkan persiapan meja pelaksanaan vaksinasi di Grahadi, Rabu Rabu (13/1/2021). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono saat menunjukkan persiapan meja pelaksanaan vaksinasi di Grahadi, Rabu Rabu (13/1/2021). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana di Jatim bakal dilangsungkan di Grahadi besok pagi, Kamis (14/1/2021). 

"Jadi menyampaikan arahan gubernur besok pagi untuk vaksin yang dilakukan pertama adalah dilaksanakan di Grahadi," ungkap Heru, Rabu (13/1/2021). 

Vaksinasi Covid grahadi 2

Perpindahan pelaksanaan vaksin dari RSUD dr Soetomo ke Grahadi ini berdasarkan beberapa pertimbangan. 

Kendati demikian, walau diterapkan di Gedung Negara Grahadi, segala SOP keselamatan telah dipersiapkan.

"Jadi baik ICU, apapun yang perlu menjadi kelengkapan vaksin tersebut, tetap disiapkan. Oleh sebab itu, kondisi di sini aman," jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi menjelaskan teknis vaksinasi Covid-19  di Grahadi. Menyusul proses vaksinasi Presiden Jokowi dan para tokoh masyarakat di Istana Negara telah berlangsung tadi pagi. 

Ada empat meja dipersiapkan. 

Meja pertama adalah meja pendaftaran, meja kedua adalah meja pengecekan, meja ketiga yaitu meja vaksinasi, dan meja keempat adalah meja konservasi pasca suntik vaksin. 

"Tadi sudah disampaikan juga oleh Pak Sekda, segala proteksi terhadap kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KPI) sudah kita antisipasi di belakang itu ada mini ICU," kata Joni. 

Sementara itu, di belakang Grahadi juga disiapkan satu unit ambulans yang direct langsung ke RSUD dr Soetomo apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Walaupun angka kejadian itu kecil, tapi keamanan itu perlu kita waspadai," sambung dr Joni soal vaksinasi pertama di Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES