Peristiwa Daerah

BPBD Kabupaten Malang Droping Air Bersih ke Ratusan Korban Banjir Bandang Ngantang

Rabu, 13 Januari 2021 - 17:52 | 66.45k
Petugas BPBD Kabupaten Malang ketika melakukan droping air bersih. (Foto: BPBD Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Petugas BPBD Kabupaten Malang ketika melakukan droping air bersih. (Foto: BPBD Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ratusan KK di tiga desa di Kecamatan Ngantang yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat bencana banjir bandang, mendapat bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Malang.

Droping air bersih dilakukan BPBD Kabupaten Malang sehari usai banjir bandang yang terjadi di tempat tersebut, pada Selasa (6/1/2021) lalu.

Tiga desa di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang terdampak tersebut adalah, Desa Pandansari, Desa Sododadi dan Desa Ngantru.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, dampak banjir bandang membuat ribuan meter pipa distribusi air bersih rusak dan putus.  Sehingga membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih.

"Maka dari itu, kami droping air bersih hingga sekarang," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (13/1/2021).

Dia menyebutkan, kurang lebih 428 KK terdampak kesulitan air bersih. "Selain ribuan meter pipa air bersih rusak, terdapat beberapa fasilitas air bersih lainnya juga mengalami kerusakan," sebutnya.

Dia menyebutkan beberapa fasilitas air bersih yang mengalami kerusakan diantaranya, tandon air minum dan pipa irigasi pertanian hanyut diterjang banjir.

"Lahan pertanian juga terdampak banjir bandang tersebut," tuturnya. Dari hasil pendataan kata dia, setidaknya ada 40 hektar lahan terdampak banjir bandang.

Selanjutnya dia mengatakan, BPBD Kabupaten Malang sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah kesulitan air bersih bagi para korban banjir bandang di Ngantang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES