Peristiwa Daerah

Rumah Warga Majenang Cilacap Tergerus Longsor, Babinsa Turun Membantu

Rabu, 13 Januari 2021 - 16:54 | 31.89k
Salah satu pondasi rumah Carno yang tergerus longsor. (Foto: Pendim Cilacap For TIMES Indonesia)
Salah satu pondasi rumah Carno yang tergerus longsor. (Foto: Pendim Cilacap For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Bencana alam tanah longsor melanda wilayah Desa Pangedegan, Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Hal ini diakibatkan intensitas hujan sangat deras yang mengguyur wilayah tersebut, pada  Rabu (13/1/2021) mulai pukul 24.00 WIB sampai dengan pukul 04.30 WiB.

Salah satu rumah warga diketahui tergerus longsor. Sebut saja Carno (49) warga Dusun Cikandang RT. 01/RW. 04 Desa Pangadegan, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Hujan yang mengguyur sekitar tempat tinggalnya telah menyebabkan longsor yang menggerus pondasi rumahnya dan menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian rumah lainya.

Terkait hal itu, Babinsa Pengadegan Serda Baharuddin langsung datang dan mengecek lokasi kejadian, usai menerima laporan warga bahwa telah terjadi longsor yang berdampak pada warga binaanya itu.

Benar saja, sesampainya di rumah Carno, dia melihat langsung kondisi rumanya yang memprihatinkan karena tergerus longsor.

Tak tinggal diam dirinya langsung melakukan aksi tanggap bencana, dengan berkoordinasi secepatnya dengan aparat desa dalam hal ini Kepala Desa Pangadegan guna melakukan langkah penanganan bencana.

Dia mengatakan dari data peta geografi, wilayah binaanya Desa Pangadegan kondisinya banyak  perbukitan dan teksur tanah yang cenderung labil saat musim penghujan, sehingga wilayah tetsebut masuk kategori rawan bencana longsor.

Ia mengaku sejak jauh hari sudah mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan tiba, namun demikian siapa yang sanggup menahan bencana alam.

"Untuk itu upaya kita menyelamatkan jiwa, adapun materi bisa kita bangun kembali. Seperti yang menimpa saudara kita Carno saat ini rumahnya mengalami kerusakan akibat longsor, beruntungnya tidak ada korban jiwa," katanya.

Longsor yang menimpa rumah/bangunan ukuran 3× 6 meter itu, telah menyebabkan rumahnya retak, dan dinding rumah bagian dapur jebol, dengan kerugian materil sekitar Rp 20.000.000 ( dua puluh juta rupiah).

Saat ini pihak Babinsa bersama warga sedang melakukan upaya pembersihan puing-puing atau material longsor di sekitar rumah yang bersangkutan.

"Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tetap waspada dan tanggap terhadap potensi bencana yang dapat terjadi kapan saja," tandas Babinsa Pengadegan Majenang Kabupaten Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES