Peristiwa Daerah

Banjir Rob di Indramayu, Ratusan Rumah Warga dan Sekolah Kembali Terendam

Rabu, 13 Januari 2021 - 17:09 | 39.13k
Banjir rob yang merendam sekolah SD di pesisir Indramayu. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Banjir rob yang merendam sekolah SD di pesisir Indramayu. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Ratusan rumah warga dan sekolah di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, terendam banjir rob. Ketinggian air pun mencapai 1 meter lebih.

Seperti yang terjadi di SD Eretan Wetan 1 dan 2 Indramayu, yang seluruh ruangannya terendam. Kedua sekolah yang berada dalam satu area tersebut, terendam banjir rob setinggi paha kaki orang dewasa.

Menurut salah seorang guru, Sumaryono Kaelani, banjir rob yang menimpa sekolah tempatnya mengajar tersebut sudah menjadi langganan sejak sebulan terakhir. Sebelumnya, banjir rob tidak separah kali ini.

"Kalau di sini banjir sudah sejak tahun kemarin, tapi tidak sebesar seperti ini, karena besarnya debit air sih," jelasnya, Rabu (13/1/2021).

Beruntung, kata dia, ruangan kepala sekolah selamat dari banjir. Karena lantainya ditinggikan sekitar 50 sentimeter. Sehingga, berkas-berkas berharga milik sekolah diamankan di situ agar tidak rusak oleh banjir.

"Setiap hari begini, paling nanti sore surut, paginya sudah banjir lagi," ujarnya.

Seperti diketahui, banjir rob merendam 3 desa di Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, yakni Desa Eretan Wetan, Desa Eretan Kulon dan Desa Kertawinangun. Wilayah ini memang kerap menjadi langganan banjir rob. Namun kali ini lebih besar dibandingkan banjir rob sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES