Wisata

Rasakan Sensasi Sejuk Kemping Bareng Keluarga di Taman Langit Banyuwangi

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:58 | 130.34k
Taman Langit Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Taman Langit Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ini dia salah satu destinasi di Kabupaten Banyuwangi yang bisa jadi referensi tujuan kemping bareng keluarga dan sahabat di akhir pekan. Berlokasi di lereng pegunungan Ijen di Kecamatan Licin, Taman Langit Banyuwangi layak dijadikan tujuan pelarian diri dari padatnya jadwal pekerjaan.

Sensasi sejuk dengan udara segar bebas asap kendaraan, menjadikan akhir pekan semakin seru dan menyehatkan. Kadar oksigen yang cukup tinggi, membuat otak dan tubuh semakin fresh saat ingin bersantai dengan nuansa persawahan.

Taman Langit Banyuwangi b

Terletak di Desa Banjar Kecamatan Licin, Taman Langit menawarkan panorama khas pedesaan yang dipadukan dengan hamparan sawah terasering dan pemandangan pegunungan Ijen.

Meski merupakan destinasi yang baru berkecambah di Banyuwangi, namun di masa pandemi ini telah menyedot banyak perhatian masyarakat.

Taman Langit merupakan sebuah destinasi yang terbentuk berdasarkan minat masyarakat. Potensi inilah yang selanjutnya diwujudkan menjadi sebuah destinasi yang lebih layak untuk dikunjungi.

"Mulanya kita melihat kok banyak yang berkunjung ke Taman Langit. Banyak orang melintas yang berhenti untuk sekedar berfoto selfie," kata Kepala Desa Banjar, Sunandi, Rabu (13/1/2021).

Dari pengamatan tersebutlah, selanjutnya pemerintah desa Banjar bersama warga setempat berinisiatif membuat destinasi wisata baru di kawasan tersebut.

Taman Langit Banyuwangi v

"Saat itu kan belum ada apa-apanya. Akhirnya kita berinisiatif membuat destinasi wisata baru dengan pemanfaatan BUMDes Taman Langit, untuk menyokong sektor pariwisata," katanya.

Di kawasan Taman Langit sendiri sudah terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan. Bagi pencinta kuliner, sudah ada berbagai menu dari ragam ikan air tawar. Termasuk juga spot pemancingan.

"Bisa makan dari hasil pancingan sendiri. Ada ikan tombro, nila, dan gurami. Tergantung selera ingin menu apa. Bisa digoreng, ikan bakar, ikan pepes dan sebagainya. Ini semakin nikmat, ketika disantap di tengah areal persawahan," kata Kades Sunandi.

Tak hanya itu, di Taman Langit juga terdapat wisata petik jambu kristal. Spot satu ini tentunya bisa dijadikan edukasi bagi anak-anak yang ingin merasakan serunya memanen buah jambu langsung dari pohonnya.

Pengelola setempat juga menyediakan penyewaan tenda bagi pengunjung yang ingin beraktivitas kemping bareng keluarga. Dari Taman Langit ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan selat Bali serta riuh pikuk Kota Banyuwangi.

Saat malam tiba, jika beruntung para pengunjung bisa melihat secara langsung taman asteroid. Yakni sebuah pemandangan bintang-bintang di angkasa yang dapat terlihat secara jelas saat malam hari.

"Spot selfie di Taman Langit Banyuwangi sangat bagus. Selain hamparan terasering sawah dan pemandangan gunung, juga ada spot landscape Selat Bali dan taburan bintang saat malam tiba," kata Sunandi, Kades Banjar Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES