Peristiwa Daerah

Lampaui Target, Pemkot Pagaralam Sebar 100 Ribu Benih Ikan

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:20 | 22.41k
Wali Kota Pagaralam Alpian AMskoni menyebar bibit Ikan. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Wali Kota Pagaralam Alpian AMskoni menyebar bibit Ikan. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Kepala UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pemkot Pagaralam Okto Novianto SSi menyatakan, bahwa sepanjang tahun 2020, pihaknya telah melakukan berbagai giat yang bersentuhan langsung kepada masyarakat Kota Pagaralam.

"Ada giat penebaran benih ikan, untuk di tebat-tebat umum, memfasilitasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan termasuk memfasilitasi UPR dan lain sebagainya, termasuk pula penjualan ikan yang telah dilakukan," terang Okto, Rabu (13/1/2021).

Sejauh ini, kata Okto, untuk benih ikan yang telah disebar, dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, terdapat kurang lebih sekitar 100.000 yang disebar di sejumlah tebat, tetapi ada pula dari Provinsi Sumsel dan lain sebagainya.

"Ke depan kita akan terus menargetkan, dalam melakukan penebaran benih ikan ini, kalau bisa lebih dari 100.000 benih ikan yang disebar. Khusus di tahun 2020 ini, target benih ikan yang disebar 200.000 termasuk penjualan, alhamdulillah untuk target 100.000 benih ikan yang disebar sudah terpenuhi," imbuhnya.

Untuk kesiapan memenuhi permintaan benih ikan sendiri, diakui Okto, sementara waktu dengan stok benih ikan yang ada, diyakini masih bisa mencukupi, begitu pula pembudidayaan benih ikan tetap terus dilakukan.

"Sambil berbenah dan merapikan kondisi BBI, kita akan terus melakukan budidaya benih ikan, mulai dari Nila, Mas, Lele hingga KOI, begitu pula untuk jenis komoditi ikan lainnya, juga turut akan kita kembangkan, seperti komoditi ikan Patin hingga Nila Merah," jelasnya.

Kepala UPTD BBI Pemkot Pagaralam berharap, agar ke depan masyarakat Kota Pagaralam tidak jenuh terus mengembangkan usaha perikanan. Sebab, dengan seiring perkembangan ilmu dan teknologi perikanan, maka tak ada salahnya bila pelaku pembudidaya ikan dapat terus berusaha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES