Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Sekdaprov Pastikan Sulut Siap Gelar Vaksinasi Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:36 | 23.25k
Sekdaprov Sulut Edwin Silangen secara resmi membuka Rapat 0ptimalisasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Sulut secara virtual di Ruang C.J Rantung Kantor Gubernur Sulut. (FOTO: Pemprov Sulut for TIMES Indonesia).
Sekdaprov Sulut Edwin Silangen secara resmi membuka Rapat 0ptimalisasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Sulut secara virtual di Ruang C.J Rantung Kantor Gubernur Sulut. (FOTO: Pemprov Sulut for TIMES Indonesia).
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, MANADO – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sekdaprov Sulut) Edwin Silangen membuka secara resmi Rapat Optimalisasi Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Sulut secara virtual di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut, Rabu, (13/01/2021).

Pada kesempatan itu Silangen, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini akan semakin menyatukan pemahaman, tekad dan komitmen semua stakeholder dalam menangani dan mengendalikan pandemi Covid-19 di Sulut.

Diketahui, berdasarkan data terkini (12 Januari 2021), kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut berjumlah 10.687, dengan rincian: 7.774 kasus sembuh, 343 meninggal, dan 2570 kasus aktif dalam perawatan/pemantauan.

Melihat data epidemiologis itu, berarti angka kesembuhan mencapai 72,74 persen dan angka fatalitas sebesar 3,20 persen.

Silangen menerangkan bahwa berdasarkan perkembangan peta zonasi risiko dalam 3 minggu terakhir ini juga membaik. Pertambahan jumlah kasus harian pun semakin sedikit.

“Namun kiranya ini tidak membuat kita kendor dalam pelaksanaan tugas-tugas kita untuk terus optimal dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sulawesi Utara,” katanya.

“Kegiatan Tracing, Testing, Treatment, serta Isolasi harus tetap optimal kita lakukan. Laboratorium RT PCR di Sulawesi Utara harus  optimal pengelolaan dan penggunaannya,” sambungnya.

Lebih lanjut Silangen menegaskan, upaya-upaya antisipasi penyebaran dan kenaikan kasus harus semakin intens. Hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah rencana, di antaranya :

1.Kabupaten/Kota harus menambah ruang isolasi sebanyak 30 persen dari existing sekarang;

2.Perlu adanya penambahan ruangan dan SDM untuk perawatan diruang intensif (ICU Covid-19);

3.Disiplin penegakkan 3M harus diperketat;

4.Kegiatan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) harus diperluas.

Selanjutnya, terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Silangen optimis pelaksanaan vaksinasi di Sulut berjalan sebagaimana yang telah direncanakan dan diharapkan bersama.

Adapun vaksin Covid-19 sudah tiba sebanyak 23.670 dosis, dan akan didistribusi ke-2 kota(Tomohon dan Manado) sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.02.06/II/80/2021 tertanggal 8 januari 2021 terkait distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi tahap awal akan dilaksanakan di 2 kota ini, 10 sampai dengan 12 hari selanjutnya dilaksanakan di 13 kabupaten/kota.

Sedangkan launching vaksinasi Provinsi Sulut akan dilaksanakan pada Jumat 15 Januari 2021 bertempat di RS Lapangan Covid-19 Kita Waya Manado dan sebagai penerima awal vaksin Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Forkopimda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES