Peristiwa Daerah

Keberangkatan 46 Jemaah Calon Haji Pulau Morotai Tunggu Informasi Kemenag RI

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:28 | 49.13k
Kepala Kantor Kemenag Pulau Morotai, Hasyim Hi Hamzah. (FOTO: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)
Kepala Kantor Kemenag Pulau Morotai, Hasyim Hi Hamzah. (FOTO: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Kembali meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 di berbagai negara termasuk Indonesia, turut mempengaruhi rencana keberangkatan Jemaah calon Haji ke Arab Saudi. Kantor Kemenag Pulau Morotai pun masih menunggu kepastian informasi dari Kementerian Agama RI (Kemenag RI).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Pulau Morotai, Maluku Utara Hasyim Hi Hamzah saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Rabu (13/1/2021) siang.

Menurutnya, sejak negeri ini dilanda bencana non alam Covid-19 pada Maret 2020 maka, keberangkatan jemaah Haji pun ikut tertunda. Karena pemberlakuan lock down oleh Pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia.

Dikatakan Hasyim, hingga saat ini Kantor Kemenag Pulau Morotai masih menunggu informasi dari Kemenag RI soal keberangkatan jemaah calon Haji.

"Menyusul meningkatnya pasien positif Covid-19 di Indonesia, membuat Kemenag RI belum memastikan kapan keberangkatan jemaah Haji Indonesia, kami masih menunggu dan terus berkoordinasi," ujarnya.

Mungkin, lanjut Hasyim, Pemerintah Indonesia juga belum dapat kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, soal kapan dibuka kembalinya penerimaan musim Haji.

Namun, lanjut dia katakan, bahwa persiapan tetap dilakukan pihak Kantor Kemenag Pulau Morotai menyangkut kesiapan jemaah calon Haji. Seperti administrasi, manasik haji, pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

"Hal tersebut kami lakukan, mengingat jangan sampai tiba tiba ada informasi dari Kemenag RI bahwa tahun ini ada keberangkatan jemaah calon Haji. Yah semoga Allah izinkan tahun ini bisa berangkat," katanya berharap.

Disebutkan Kakanmenag Pulau Morotai, kalaupun tahun ini ada keberangkatan jemaah calon Haji Pulau Morotai ke Arab Saudi, itu adalah kuota tertunda yang di tetapkan tahun 2020 karena Pandemi Covid-19.

"Bila tahun 2021 jemaah calon Haji Pulau Morotai jadi diberangkatkan maka, daftar nama yang digunakan adalah kuota tahun 2020 sebanyak 46 orang. Terdiri dari laki laki 21 orang dan perempuan 25 orang," tegasnya.

Dia sangat berharap, seluruh masyarakat Muslim Morotai agar selalu memanjakan Do'a, agar Virus Corona segera berakhir. Supaya tahun ini ada penetapan keberangkatan jemaah calon Haji ke Arab Saudi.

"Semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, agar Pemerintah Arab Saudi membuka kembali penerimaan musim Haji tahun ini. Sehingga Jemaah calon Haji Pulau Morotai dapat berangkat ke Saudi Arabia menunaikan Rukun Islam ke lima," harap Hasyim Hi Hamzah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES