Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Presiden RI Jokowi Divaksin Covid-19, IHSG Bergerak Positif

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:11 | 22.69k
Presiden RI Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19. (FOTO: Setkab)
Presiden RI Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19. (FOTO: Setkab)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga pukul 11.12 WIB bergerak positif setelah Presiden RI Jokowi menjadi orang pertama menjalani vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac pada hari ini.

Menurut Kepala Divisi Riset Mirae Sekuritas Hariyanto Wijaya, vaksinasi pertama yang dijalani Presiden RI Jokowi mampu membangun kepercayaan masyarakat terkait keamanan vaksin tersebut. Ini juga tercermin di pasar modal di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga pukul 11.12 WIB masih bergerak positif.

"Good things-nya adalah Pak Jokowi, itu sebagai orang yang pertama divaksin. Kenapa ia harus sebagai orang yang pertama? Menurut kita itu adalah suatu strategi yang baru untuk menunjukkan keamanan dari vaksin Covid-19 di mana itu akan mem-build confidence," ujar Hariyanto di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Presiden RI Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Sinovac di teras Istana Merdeka Jakarta, Rabu. Vaksinator yang menyuntik adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib.

Rombongan lain yang disuntik adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Muhammad Faqih, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 Amirsyah Tambunan, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

"Kalau kita lihat mungkin ada beberapa orang yang masih ragu dengan keamanan vaksin tersebut karena dilakukan riset dengan sangat cepat. Mungkin ini strategi Pak Jokowi untuk membuat confidence masyarakat terbangun," kata Hariyanto.

Kepercayaan masyarakat juga tercermin di pasar modal di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga pukul 11.12 WIB masih bergerak positif.

IHSG menguat 33,06 poin atau 0,52 persen ke posisi 6.428,72. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 5,28 poin atau 0,53 persen ke posisi 1.001,72.

Di tengah menghijaunya IHSG, saham-saham emiten farmasi justru terkoreksi, termasuk dua anak usaha BUMN PT Bio Farma (Persero) yaitu PT Indofarma Tbk (INAF) dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

Pada sekitar pukul 11.00 WIB, saham INAF dan KAEF sama-sama terkoreksi 475 poin atau 6,81 persen ke posisi Rp6.500 per saham. Anak usaha Kimia Farma, PT Phapros Tbk (PEHA) juga melemah 180 poin atau 6,82 persen ke posisi Rp 2.460 per saham.

Namun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga pukul 11.12 WIB bergerak positif setelah Presiden RI Jokowi menjadi orang pertama menjalani vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac di Istana Negara, Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES