Peristiwa Daerah

Banyak yang Rusak, DLH Gresik Terus Tambah Kontainer Sampah 

Rabu, 13 Januari 2021 - 07:13 | 65.68k
Salah satu pegawai DLH Gresik saat mengecek kondisi kontainer sampah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Salah satu pegawai DLH Gresik saat mengecek kondisi kontainer sampah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKDinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Jawa Timur terus menambah kontainer sampah. Untuk tahun ini, lembaga pemerintah yang menangani persampahan itu mengusulkan adanya pengadaan 19 kontainer sampah.

Meski penambahan jauh dari ideal karena banyak yang rusak, DLH terus berupaya memperbaiki kontainer sampah yang sekiranya bisa diperbaiki ulang sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

"Tahun 2020 kamarin kami membeli 10 kontainer sampah. Untuk tahun ini kami mengajukan 19 untuk pengadaan kontainer. Sudah disetuji oleh tim anggaran," kata Kepala DLH Gresik, M Najikh pada Rabu (13/1/2021).

Najikh menerangkan, saat ini lembaganya memiliki 126 kontainer sampah. Dari angka itu, lebih dari 50 persen atau 63 unit yang butuh perbaikan maupun diganti karena memang kondisi rusak ringan maupun berat.

Menurutnya, salah satu penyebab kontainer sampah yang rusak adalah air lindi yang bersifat korosif. Akibatnya kontainer terbuat dari bahan logam besi mudah termakan korosi.

"Umur teknis kontainer sampah memang dua tahun. Ada yang lebih karena masih kita manfaatkan meski ada yang bolong-bolong. Kenapa cepat rusak, karena memang setiap hari terkena cairan sampah jadi plat besi cepat berkarat dan korosi," ungkapnya.

Najikh menjelaskan meski terbatas dalam armada kebersihan, dia berupaya agar masalah persampahan di Kota Pudak bisa diselesaikan bersama. Sebab tak mungkin pemerintah bekerja sendirian. 

Saat ini, personel DLH yang bertugas membersihkan jalan atau yang biasa disebut pasukan kuning ada 265 orang. Sedangkan, ada 160 orang yang bertugas dalam menata taman untuk keindahan kota.

"Tentu kita kekurangan dalam segi personel. Jadi yang ada di pedesaan yang jauh dari jangkauan kita. Supaya membangun TPS di desanya masing-masing. Intinya masalah persampahan ini bisa diselesaikan bersama," ujar Kepala DLH Gresik terkait penambahan kontainer sampah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES