Peristiwa Nasional Anugerah TIMES Indonesia 2020

Tokoh Tangguh, Special Achievement Award untuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Rabu, 13 Januari 2021 - 12:30 | 99.43k
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa raih Special Achievement Award Jatim 2020. (Grafis: Dena Setya/TIMES Indonesia)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa raih Special Achievement Award Jatim 2020. (Grafis: Dena Setya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Anugerah TIMES Indonesia 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYAAnugerah TIMES Indonesia (ATI) 2020 memberikan Special Achievement Award kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Tokoh Berprestasi. 

Gubernur Khofifah telah berhasil mengayomi masyarakat Jawa Timur selama pandemi Covid-19. Khofifah mampu menjaga roda ekonomi di Jatim stabil, memberi keterjangkauan harga sembako melalui Program Lumbung Pangan dan mampu menjaga koordinasi lintas sektoral tetap berjalan. Bahkan kondusifitas Jatim tetap terjaga saat Pilkada. 

Lewat rembug nyekrup alias sinergi, Gubernur Khofifah melibas berbagai dampak yang muncul dan menghalau multiplier effect akibat pandemi. 

Anak-anak dan orang tua mulai bisa bernapas lega. Pemerintah provinsi memberi kemudahan kuota belajar. Bantuan langsung tunai juga merata menyasar segala lapisan masyarakat. 

Kontraksi ekonomi Jatim bahkan terendah di Pulau Jawa. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi hanya berada di angka 4 persen. Khofifah terus melakukan koordinasi membangun ekonomi di Jatim sesuai instruksi Presiden Jokowi. Gas dan rem harus stabil. 

Ketahanan pangan turut diperkuat melalui percepatan tanam padi pada musim kemarau. Sehingga Jatim masih mampu memenuhi pasokan makanan saat supply chain atau rantai pasokan terkendala akibat kebijakan lockdown seperti ketakutan Food and Agriculture Organization (FAO). 

Ekonomi di Jatim bahkan tergolong masih bertahan. Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mensinergikan rekonsiliasi Program Kemensos dan Kemendes di Jatim melalui sinkronisasi antara Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

Salah satunya dengan Pemberdayaan Perempuan Berusaha atau Jatim Puspa, Program Keluarga Harapan (PKH) Plus, BUMDES dan sebagainya. Program Kemendes dengan Kemensos harus disinambungkan di daerah. 

Namun, selain keahlian dan kejelian pemimpin dalam mengeluarkan kebijakan, masyarakat juga terus menerus diingatkan kesadaran akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Di bawah pimpinan Gubernur Khofifah, Pemerintah Provinsi bersama Forkopimda Jawa Timur terus berupaya dan berkomitmen melakukan penanganan Covid-19 dari berbagai level. 

Mulai dari pencegahan yakni dengan edukasi bermasker di seluruh kabupaten/kota, menegakkan Perda dan Pergub dengan operasi yustisi, meningkatkan kapasitas testing, tracing agresif pada kluster baru. Hingga penambahan bed isolasi yang masif untuk treatment pasien. 

Dalam menyampaikan edukasi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Penyintas Covid-19 dari RS Lapangan Indrapura. Para Penyintas ini bisa memberikan edukasi yang efektif karena mereka merasakan dampak Covid-19 secara nyata. Sehingga pesan pesan yang mereka sampaikan adalah benar-benar dari hati dan pengalaman pribadi. 

Edukasi bermasker rutin dilakukan setiap minggu. Gubernur sudah berkeliling ke berbagai kota untuk turut melakukan edukasi terkait penggunaan masker bersama para penyintas. 

Penanganan Covid-19 di Jatim telah menahan dampak negatif pelemahan ekonomi dan kesehatan secara luas. Dengan kerjasama para stakeholder, masyarakat dan seluruh elemen, Gubernur Jatim Khofifah mantap mengawal Jatim menuju adaptasi kebiasaan baru. Karena beberapa terobosannya inilah, Anugerah TIMES Indonesia memberikan Special Achievement Award Jatim 2020 untuk beliau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES