Kesehatan

Kombinasi Buah yang Patut Dijadikan Menu Sarapan

Rabu, 13 Januari 2021 - 03:17 | 42.30k
Buah yang cocok untuk sarapan. (Foto: Unsplash)
Buah yang cocok untuk sarapan. (Foto: Unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTASarapan merupakan rutinitas yang tak boleh terlewatkan ya. Sayangnya banyak orang yang menganggap sarapan itu harus nasi.Padahal tidak seperti itu. Sarapan adalah apapun yang dimakan atau diminum sebelum jam 9 pagi. Apapun itu, bisa bubur, roti, umbi-umbian, atau bahkan buah

Nah sarapan buah dipercaya memberikan manfaat lebih untuk kesehatan. Salah satunya dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Berikut kombinasi buah yang dapat dijadikan menu sarapan.

1. Kiwi, stroberi, dan jeruk bali

Kombinasi ini dipercaya untuk menjaga kekebalan  tubuh. Kandungan vitamin C pada buah tersebut lebh tinggi dari buah jeruk. 

Untuk variasi Anda dapat membuat kombinasi vitamin C dari buah lainnya. Seperti pepaya, mangga atau nanas. 

Anda dapat mencampur buah teresbut sebagai salad buah dengan yoghurt atau dijadikan smoothie tanpa gula. 

2. Ceri, blueberry dan nanas

Kombinasi ketiga buah ini dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah ceri mengandung senyawa antioksidan phenolic, nanas mengandung enzim bromelain, sedangkan blueberry mengandung vitamin A, C, dan E.

Selain itu buah blueberry juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin. Antosianin membantu bakteri pencernaan dalam proses metabolisme senyawa antioksidan phenolic.

3. Pisang, alpukat dan apel

Ketiga buah ini sebagai sumber energi untuk sepanjang hari. Pisang mengandung karbohidrat, apel kaya akan serat, dan alpukat merupakan sumber lemak yang menyehatkan.

Kombinasi ketiga buah tersebut untuk sarapan dapat memberikan energi ekstra di pagi hari. Anda juga dapat merasa kenyang lebih lama.

4. Pepaya, blackberry dan melon

Buah ini kerap diincar para wanita. Sebab buah ini baik untuk merawat kecantikan kulit. Pepaya kaya akan senyawa yang meningkatkan produksi kolagen serta enzim papain yang dapat mencegah kerusakan kulit. Sementara itu, blackberry mengandung senyawa antioksidan, vitamin A, dan vitamin C.

Tak ketinggalan, buah melon mengandung betakaroten, yakni bahan baku vitamin A yang menjaga kehalusan kulit dan rambut.

Kombinasi buah ini paling cocok jika dibuat smootie tanpa gula. 

5. Lemon, semangka dan goji berry

Buah tersebut ampuh sebagai detoksifikasi tubuh. Semangka kaya akan kandungan air, senyawa glutathione, likopen, vitamin A, serta vitamin C yang membantu proses detoksifikasi.

Sementara itu, goji berry kaya akan vitamin A, B, C, E, serta zat besi dan kolin yang dibutuhkan hati untuk membuang racun dari tubuh.

Kombinasi buat tersebut untuk sarapan akan semakin “kaya” jika ditambahkan perasan buah lemon. Perasan buah lemon memiliki kandungan senyawa antioksidan, antibakteri, dan antiviral yang berlimpah.

Jadi Anda mau coba sarapan pakai kombinasi buah yang mana? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES