Wisata

Pesona Pulau Tabailenge Morotai, Airnya Jernih Bagai Kristal

Rabu, 13 Januari 2021 - 01:14 | 165.06k
Bunda PAUD Pulau Morotai, Sherly Tjoanda saat diving di Pulau Tabailenge. (FOTO: Sherly Tjoanda for TIMES Indonesia)
Bunda PAUD Pulau Morotai, Sherly Tjoanda saat diving di Pulau Tabailenge. (FOTO: Sherly Tjoanda for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAIPulau Morotai atau lebih dikenal dengan Mutiara di Bibir Pasifik di Provinsi Maluku Utara ini, memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Keindahan ekosistem disuguhkan oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya, membuat Morotai mengoleksi banyak surga wisata yang masih belum  terjamah. Salah satunya Pulau Tabailenge di Bere - Bere Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk menuju ke pulau tersebut, para wisatawan harus naik mobil penumpang atau mobil carteran dari Kota Daruba Morotai Selatan ke Desa Bere Bere Morotai Utara dengan menempuh waktu kurang dari dua jam. Kemudian menuju Pulau Tabailenge menggunakan Loong boat sekitar 20 menit jarak tempuh.

Bunda-PAUD-Pulau-Morotai-2.jpg

Pulau Tabailenge menyapa pengunjung dengan pasir putih bersih nan indah menawan, juga air lautnya biru dan jernih bagaikan kristal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan Nusantara maupun Manca Negara untuk mengunjunginya.

Pulau Tabailenge memiliki keindahan bawah laut yang eksotis, bakal membuat para wisatawan terpukau akan keindahan terumbuh karang yang tumbuh subur dan jerinih air laut bak cermin.

"Pulau Tabailenge satu satunya pulau yang berada di Bere Bere, Morotai Utara, memiliki keindahan alam yang menakjubkan, sehingga wajib di kunjungi bagi para traveler," ungkap Sherly Tjoanda, Selasa (12/1/2021).

Disebutkan istri Bupati Pulau Morotai ini, Tabailenge selain pulau dengan pasir putih yang menawan juga memiliki air laut yang jernih dan bersih dari sampah.

"Selain itu, sekitaran Tabailenge banyak soft corals, walaupun jenisnya sih ngga ada spesifik, beda ama yang di Morotai Selatan (Morsel), hanya aja lebih rapat dan sehat koralnya," ujarnya.

Bunda-PAUD-Pulau-Morotai-3.jpg

Menurut Bunda Paud Pulau Morotai ini, diving di laut Tabailenge, visibility alias jarak penglihatannya sangat bagus karena airnya jernih. "Hanya berarus, jadi dive wajib selalu dengan buddy," ucapnya.

Lanjutnya, Pulau Tabailenge memang menjadi satu destinasi yang pantas di rekomendasi kepada para traveler yang selalu jatuh hati pada biru dan aroma laut yang begitu khas.

"Lautnya asik buat snorkeling dan diving karena, air lautnya sangat jernih. Saat diving, selain melihat coralsnya juga banyak ikan ikan kecil turut menghiasi keindahan bawah laut seputaran Pulau Tabailenge," terang Sherly

Hal senada disampaikan salah seorang ibu guru di Desa Bere Bere yang hobi snorkeling dan turut mendampingi Ketua PKK Pulau Morotai, Sherly Tjoanda saat menyelam di Pulau Tabailenge.

"Pulau Tabailenge tak hanya memiliki hamparan pasir putih bersih nan indah. Tetapi punya aroma laut yang masih sejuk serta air laut sangat bening yang terhampar tanpa celah. Karena masih jarang di jamah," ucapnya. 

"Kejernihan airnya seakan mengajak setiap pengunjung untuk  berenang dan menghabiskan waktu bersama pesona lautnya yang asri," tambah ibu guru Rope

Perlu diketahui, Pulau yang memiliki nama lain Mutiara di Bibir Pasifik ini memiliki 45 spot wisata bawah laut yang wajib dikunjungi, terutama bagi wisatawan pecinta alam bawah laut karena, lokasi atau tempat wisata bawah laut di pulau ini sangat indah dan mempesona. Pulau Morotai masuk dalam daftar 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan Pemerintah Pusat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES