Peristiwa Daerah

Drainase Buruk, Kantor BPBD Indramayu Kebanjiran

Selasa, 12 Januari 2021 - 13:12 | 40.46k
Kantor BPBD Kabupaten Indramayu yang terendam banjir. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Kantor BPBD Kabupaten Indramayu yang terendam banjir. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang beralamat di Jalan Pahlawan Kabupaten Indramayu, terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi pada malam hari.

"Banjir merendam setinggi 30-40 sentimeter, dan masuk ke dalam ruangan kantor," terang Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, banjir yang merendam kantornya tersebut sudah terjadi berulang kali. Terutama, saat setiap kali hujan deras melanda Kabupaten Indramayu.

"Kantor BPBD sudah beberapa kali kebanjiran. Tapi kalau di kota itu beda bukan banjir, jadi genangan," jelasnya.

Meskipun begitu, lanjutnya, banjir tersebut tidak sampai mengganggu kinerja BPBD Kabupaten Indramayu, dalam menanggulangi bencana. Karena, para petugas lebih sering berada di lapangan, ketimbang di kantor.

"Kalau kinerja BPBD sih tidak ada kendala karena kita kantornya di lapangan ada di luar," ujarnya.

Caya melanjutkan air yang menggenangi Kantor BPBD Kabupaten Indramayu ini tidak terlepas dari kondisi drainase di pusat pemerintahan Kabupaten Indramayu yang buruk. Akibatnya, air tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya dan justru menggenang.

"Seharusnya di perkotaan ada saluran by pas yang langsung ke laut sekarang ini karena banyak perumahan baru jadi banjir menggenang," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, BPBD Majalengka pun mendesak kepada dinas terkait untuk bisa memperbaiki drainase di pusat pemerintahan Indramayu yang buruk tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES