Kesehatan

Bayi Kembar Tiga Lahir di Banyuwangi, Dokter: Kejadian 1 Banding 10 Ribu

Senin, 11 Januari 2021 - 22:04 | 90.31k
Bayi kembar tiga yang baru saja dilahirkan (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Bayi kembar tiga yang baru saja dilahirkan (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIBayi kembar tiga lahir dengan selamat di rumah sakit Graha Medika, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran Banyuwangi. Dokter menyebut kelahiran bayi kembar tiga adalah kejadian yang jarang dijumpai dengan perbandingan satu banding sepuluh ribu.

Bayi cantik berjenis kelamin perempuan itu lahir dari rahim Dian Cahyo Harimukti, warga Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring. Meskipun lahir secara cesar, kondisi ketiga bayi kembar dalam keadaan sehat.

Buah hati pertama dari istri Muhammad Iqbal itu memiliki berat 2950 gram dengan panjang 48 cm, bayi kedua berat 2500 gram dan panjang 47cm dan bayi ketiga dengan berat 2700 gram dan panjang 48 cm. 

Bayi-kembar-tiga-2.jpg

"Alhamdulillah ketiga bayi saya lahir dengan selamat. Sempat mau lahir normal, tapi karena resiko akhirnya lahir cesar," kata Iqbal kepada wartawan, Senin (11/1/2021). 

Iqbal sebelumnya sudah mengetahui saat periksa ke medis jika akan dikaruniai tiga anak kembar. Iqbal mengaku sangat bahagia.

"Tidak ada firasat apapun. Tapi jelas di USG sebelumnya memang ada 3 bayi. Tapi yang jelas selamat dilahirkan sudah Alhamdulillah bagi saya," ungkap Iqbal.

Ketiga buah hati Mohamad Iqbal diberi nama Saraya Hessa Mustika, Kimora Jessa Mustika dan Harumi Keeya Mustika. 

Menurutn dr. Kamalia Hasanah, dokter yang menangani kelahiran kembar tiga itu, dalam proses kelahiran ketiga bayi kembar ini tidak ada kendala apapun. Bahkan kondisi ketiga bayi ini semua sehat dengan berat normal.

Namun saat melalui operasi cesar, bayi tersebut dalam posisi sungsang yang mana posisi pantat bayi berada diatas dan hal ini harus ditangani secara hati-hati. 

"Kelahiran bayi kembar tiga atau disebut triplet sangat jarang dijumpai dengan perbandingan 1 banding 10 ribu. Sempat mau lahiran normal tapi karena ada kendala terpaksa dilakukan dengan sesar," ujar dr. Kamalia.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Graha Medika Yosomulyo, dr. Yesi Kurnia Daliyanti mengaku baru pertama kali ini pihak rumah sakit Graha Medika menangani pasien dengan kelahiran kembar tiga.

Namun sebelum proses kelahiran ini pihak rumah sakit sudah mempersiapkan semua peralatan medis untuk menangani proses kelahiran triplets ini, sehingga semua berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun. 

"Memang baru pertama kali ini. Tapi kami mempersiapkan dengan seksama. Agar tidak ada kendala," tandas Direktur Rumah Sakit Graha Medika Yosomulyo, dr. Yesi Kurnia Daliyanti tentang lahirnya Bayi kembar tiga di Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES