Kesehatan

Jangan Asal Pakai, Yuk Kenali Tanda Alergi Pembalut

Minggu, 10 Januari 2021 - 04:35 | 49.60k
Gejala alergi pembalut. (foto: halodoc)
Gejala alergi pembalut. (foto: halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembalut adalah benda wajib yang digunakan kaum hawa saat datang bulan, atau menstruasi. Sayangnya ada beberapa gejala alergi pembalut yang tak dikenali oleh perempuan. Jika dibiarkan akan terjadi iritasi dan luka di area kewanitaan. 

Berikut gejala alergi pembalut 

1. Gatal 

Gatal adalah alergi yang paling sering muncul. Gatal terjadi karena reaksi kulit terhadap bahan perekat, pengawet sakligus pelembut dari pembalut. 

2. Ruam

Jika ada ruam atau iritasi di sekitar area kewanitaan saat mengenakan pembalut, itu salah satu gejala alergi pembalut. Hal ini disebabkan oleh penggunaan pembalut yang beraroma, amterial sintetis dan kandungan kimia pada pembalut. Bahkan tak jarang pula, munculnya ruam juga diakibatkan alergi terhadap perekat yang ada di pembalut. Bahan perekat tersebut juga bisa menimbulkan rasa gatal.

3. Panas

Pembalut juga dapat mengkibatkan munculnya rasa panas pada area wanita. Namun itu terjadi pada wanita yang punya sensifitas tinggi terhadap pembalut. 

4. Vagina membengkak

Vagina salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Tak heran jika area kewanitaan itu bisa bengkak saat mengenakan pembalut, karena itu salah satu tanda alergi pembalut. Sebenarnya bengkaknya vagina akan berakhir saat masa mensturasi selesai. Namun perlu diwaspadai jika bengkak tak kunjung sembuh dan disertai demam atau meriang pada badan. Segera hubungi dokter ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES