Kesehatan

Segar Dikonsumsi Saat Terik, Ini Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:50 | 52.10k
Air tebu punya banyak manfaat untuk kesehatan(Foto: iStockphoto)
Air tebu punya banyak manfaat untuk kesehatan(Foto: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAir tebu banyak dijajakn di pinggir jalan. Batang tebu langsung digiling dengan alat giling dan airnya langsung dapat dinikmati oleh pembeli. Ditambah es batu, aaah makin segar. 

Tampaknya sangat sederhana ya, namun tahukah Anda manfaat dari air tebu? 

Air tebu mengandung kalori, karbohidrat, protein, kalsium, magnesium zat besi dan tentunya gula. Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, serta beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan karotenoid.

Tak heran ya setelah minum es air tebu badan langsung kembali segar dan bersemangat. 

Selain penghilang dahaga, berikut manfaat dari air tebu 

1. Mengembalikan energi

Air tebu adalah sumber gula dan karbohidrat terbaik. Kandungan gula alami sukrosa dan fruktosa dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Air tebu juga dapat mencegah dehidrasi. Air tebu sangat pas jika dikonsumsi saat keleahan atau setelah berolahraga. 

2. Menangkal radikal bebas

Air tebu juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebsa. Dengan rutin mengonsumsi air tebu, dapat meminimalisir risiko beragam penyakit salah satunya kanker. 

3. Melancarkan sistem pencernaan 

Sembelit menganggu? Coba minumlah air tebu secara teratur. Sebab air tebu dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. 

4. Menjaga fungsi ginjal

Konsumsi air tebu secara teratur juga diyakini dapat menjaga ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Air tebu bersifat diuretik, sehingga mampu melancarkan buang air kecil dan membantu mencegah infeksi saluran kemih. 

Meski baik untuk kesehatan, tentunya minum air tebu tetap pada porsinya ya. Disarankan jika sudah minum air tebu batasi makanan atau minuman manis lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES