Indonesia Positif

SD Katolik Santa Maria II Malang Sosialisasikan Program PJJ Semester 2 secara Virtual dengan Wali Murid

Sabtu, 09 Januari 2021 - 14:28 | 130.35k
Kepala SDK Santa Maria II Malang, Sr. Veronique Marie SPM saat memberikan penjelasan mengenai program PJJ Semester 2 kepada wali murid secara virtual. (FOTO: SDK Santa Maria II Malang)
Kepala SDK Santa Maria II Malang, Sr. Veronique Marie SPM saat memberikan penjelasan mengenai program PJJ Semester 2 kepada wali murid secara virtual. (FOTO: SDK Santa Maria II Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tahun pelajaran 2020/2021 telah berjalan selama satu semester. Di masa Pandemi Covid-19 ini proses Pembelajaran di SDK Santa Maria II Malang dilakukan murni dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pada Semester I pelaksanaan PJJ berjalan sesuai dengan program dan rencana yang telah dibuat pada awal tahun ajaran. Tentu banyak kendala dalam pelaksanaannya terutama terkait dengan jaringan internet yang kadang-kadang tidak stabil. Tetapi peserta didik SDK Santa Maria II Malang sebagian besar dapat mengikuti dengan baik. Pada saat penerimaan rapor Semester I para orang tua dan peserta didik dapat mengakses melalui Sincos yang dimiliki oleh sekolah. Dan sebagian besar nilai yang diperoleh peserta didik rata-rata baik. Pada Semester satu unsur yang dinilai adalah KI3 (Penilaian Pengetahuan).

Kepala SDK Santa Maria II Malang, Sr. Veronique Marie SPM bersama para dewan guru mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi proses PJJ pada semester I tentang kelebihan dan kekurangannya.

SDK Santa Maria 2

Sebagai tindak lanjutnya pada hari Kamis, 7 Januari 2021 pukul 16.00 – 18.00 diadakan pertemuan untuk sosialisasi kepada orang tua mengenai pembelajaran on line pada semester II. Pertemuan atau sosialisasi dilakukan secara virtual.

Dalam paparannya yang disampaikan oleh Tim Kurikulum SDK Santa Maria II yang diwakili oleh Stephanus Lukito Cahyo Purnomo. Dalam pertemuan ini dijelaskan ada beberapa petunjuk teknis Pembelajaran Daring Semester II antara lain berkaitan dengan Jadwal Pelajaran, Vicon, Sincos, dan Pendidikan Karakter.

Jam sekolah virtual dilaksanakan dalam 5 hari sekolah mulai pukul 08.00 – 14.00. Dalam hal ini orang tua peserta didik memastikan putra-putrinya selalu hadir secara virtual pada jam tersebut. Presensi kehadiran peserta didik diketahui setiap hari melalui Vicon dan Sincos. Selain itu. peserta didik wajib mematuhi tata tertib Vicon yang sudah dibuat oleh sekolah.

webinar SDK Santa Maria 2

Pada Semester II ada beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh peserta didik terutama dalam hal pengerjaan soal-soal Penilaian Harian dan pengumpulan tugas yang dikerjakan tepat waktu sesuai dengan yang sudah disepakati. Jika melanggar maka tidak  akan mendapat nilai. Dan yang menjadi tambahan pada Pembelajaran Semester II ini adalah adanya Penilaian Pendidikan Karakter. Adapun Indikator nilai dalam penilaian sikap diantaranya adalah sikap religus, kedisiplinan, dan kesopanan.

Demikian renca dan program yang akan dilakukan pada Semester II. Selama masa Pandemi Covid-19 peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah. Ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan pendidik sehingga peserta didik tetap bisa menjalani belajar on line secara efektif. Kolaborasi antara orang tua, peserta didik dan pendidik akan terwujud indah jika di dasari dengan komunikasi yang intens. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES