Kesehatan

Jangan Dibuang, Air Cucian Beras Punya Segudang Manfaat Lho!

Minggu, 10 Januari 2021 - 02:29 | 55.56k
air cucian beras. (foto: liputan6)
air cucian beras. (foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak diantara kita yang membuang begitu saja air cucian beras. Sebab dikira air cucian beras adalah air kotor yang harusnya memang dibuang. 

Namun ternyata air cucian beras mengandung banyakmineral yang berguna bagi kesehatan. Air tersebut mengandung vitamin A, C,dan B1. Dalam air cucian beras juga terdapat asam amino, gammaorryzanol dan bersifat antioksidan. 

Nah apa saja manfaat air cucian beras untuk kesehatan?

1. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat pada air cucian beras yang mengendap dipercaya dapat menyembuhkan jerawat atau eksim atopik. Anda dapat mengolesnya langsung pada jerawat atau mencuci wajah dengan air cucian beras. 

2. Menjaga kesehatan rambut

Air cucian beras dapat digunakan sebagai pengganti sampo, sebab air cucian berasr juga dapat menyimbangkan pH kulit kepala. Dilandir dari boldsky, air cucian beras bermanfaat untuk mengatasi ketombe, menyuburkan rambut, menghilangkan kutu dan mengatasi rambut bercabang. 

3. Mengatasi kulit yang iritasi

Kulit yang irirtasi dapat didinginkan dengan air cucian beras. Caranya oleskan air cucian beras pada ruam atau peradangan yang terjadi di kulit. Air cucian berasi ini sekaligus dapat melembutkan kulit. 

4. Mencerahkan kulit

Kandungan gammaoyzanol pada air cucian beras dapat membuat kulit tampak lebih bersinar atau glowing. Tak heran ya banyak produk perawatan kuit yang mengandung beras. Namun jika ingin yang alami, ANda dapat mencuci wajah dengan air cucian beras secara rutin setiap pagi. Konon ini juga rahasia kecantikan perempuan Jepang loh!

5. Menangkal radikal bebas

Air cucian beras mengandung antioksidan alami. Nah dalam antioksidan tersebut terdapat kandungan ferulic acid yang berfungsi menangkal radikal bebas. 

Setelah tahu manfaat air cucian beras, sayang bukan jika dibuang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES