Kesehatan

Tak Hanya Daun Katuk, 5 Sayuran ini Juga dapat Lancarkan ASI

Jumat, 08 Januari 2021 - 01:22 | 140.73k
Ibu menyusui. (emc.id)
Ibu menyusui. (emc.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama ini sering kita dengar manfaat daun katuk untuk lancarkan ASI (Air Susu Ibu). Daun ini bagaikan dewa yang diagungkan ibu-ibu yang baru saja melahirkan agar dapat menyusui anaknya. 

Memang tak salah, sebab daun katuk memangtelah terbukti dapat memperlancar ASI. Daun ini protein, lemak serat serta folat dan zinc yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Namun banyak ibu menyusui yang bosan dengan olahan daun katuk. Nah tenang saja, ada beberapa jenis sayuran yang tak kalah hebat dengan daun katuk untuk memperlancar ASI kog. Apa saja ya?

1. Wortel

Sayur berwarna oren cerah ini mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI.

Tak hanya dimasak, jus wortel juga ide yang bagus untuk memperlancar ASI. 

2. Asparagus

Sayuran ini kaya vitamin A dan K yang mendukung produksi ASI. Asaparagus dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sayur sup, dikukus maupun di tumis. 

3. Bayam

Bayam sayuran hijau yang tinggi zat besi. Bayam sangat efektif mengembalikan kadar zat besi dalam tubuh, terlebih pasca melahirkan. Salah satu studi menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan suplai ASI yang rendah. Untuk itu, konsumsi bayam sangat diperlukan karena mengandung zat besi yang ampuh meningkatkan produksi ASI.

4. Daun Kelor

IDAI merekomendasikan daun kelor untuk meperlancar ASI. Daun ini mengandung zat besi dan magnesium yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

5. Pare

Meski pahit, namun pare sangat baik lancarkan ASI. Pare merupakan sumber folat yang baik dan kaya akan fitonutrien yang mampu meningkatkan ASI. Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia liutein, dan kaya akan antioksidan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES