Peristiwa Daerah

MWCNU Tegalampel-Penyuluh Agama Sinergi Tangkal Radikalisme

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:39 | 47.49k
Sejumlah Penyuluh Agama Kecamatan Tegalampel saat bersilaturahmi ke kediaman ketua MWCNU Tegalampel. Hal itu untuk bersinergi dalam kegiatan bimbingan keagamaan terutama menangkal radikalisme (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sejumlah Penyuluh Agama Kecamatan Tegalampel saat bersilaturahmi ke kediaman ketua MWCNU Tegalampel. Hal itu untuk bersinergi dalam kegiatan bimbingan keagamaan terutama menangkal radikalisme (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Paham radikalisme dalam agama menjadi masalah tersendiri yang mersahkan. Perlu kerja serius untuk menumpasnya. Salah satunya melibatkan organisasi keagamaan atau ormas.

Oleh karena itu, para penyuluh Agama Kecamatan Tegalampel Bondowoso, Jawa Timur melakukan silatullahmi ke kediaman Ketua MWC NU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama) setempat untuk mejalin sinergi.

Ketua MWCNU Tegalampel Bondowoso, H Syamsul Tahar menyambut baik kunjungan para penyuluh agama tersebut.

"Saya ingin sekali terlibat dalam kegiatan mereka yang rata-rata sudah memiliki binaan di 8 desa se Kecamatan Tegalampel," katanya, Rabu (6/1/2020).

Tahar mengatakan, MWCNU siap bersinergi baik dalam peningkatan pemahaman keagamaaan, terutama penangkalan terhadap rakalisme. Serta peningkatan kerukunan antar umat beragama

"Termasuk pembinaan keluarga sakinah, pemahaman produk halal serta peningkatan ekonomi dan kepedulian pada dhuafa," terang legislator DPRD Bondowoso tersebut.

Sementara penyuluh agama Tegalampel, Hj Aisyah Araf Sudarman mengatakan, penyuluh agama adalah ujung tombak Kemenag (Kementerian Agama). Apalagi saat ini Kemenag ingin mengimplementasikan Kementerian Agama untuk semua agama.

"Tugas pokok Penyuluh agama adalah melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan dalam bahasa agama," katanya

Menurutnya, pembangunan bidang agama merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pengetahuan dan penghayatan serta pengamalan umat beragama akan nilai-nilai keluhuran, keutamaan, dan kebaikan yang terkandung dalam ajaran agama. 

"Maka secara umum, pembangunan bidang agama ini memainkan peran strategis dalam pembangunan nasional karena dapat melandasi dan menjiwai keseluruh arah dan tujuan pembangunan nasional," terangnya.

Menurutnya, penyuluh agama siap bersinergi dengan MWCNU Tegalampel Bondowoso untuk kegiatan penyuluhan agama. "Sebab kita tak bisa berdiri sendiri dan semua pihak harus terlibat," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES