Kesehatan

Penuhi Asupan Kalori Anak dengan 9 Jenis Makanan ini

Selasa, 05 Januari 2021 - 06:17 | 71.93k
Ilustrasi - Anak membutuhkan kalori yang cukup (FOTO: Freepik/jcomp)
Ilustrasi - Anak membutuhkan kalori yang cukup (FOTO: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh asupan makanannya. Anak-anak membutuhkan kalori yang cukup agar tetap dapat beraktifitas dengan lincah. 

Nah berikut ini makanan mengandung kalori yang baik untuk anak

1. Keju

Berbahan dasar susu, keju juga mengandung kalori yang baik untuk anak. Selain dapat membantu tumbuh kembang anak, rutin mengonsumsi keju juga dapat membuat berat badan di kesil ideal, memperkuat otot dan tulang. 

2. Nasi

Bagi orang Indonesia, nasi adalah makanan pokok ya. Nah nasi tak hanya mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh anak, tapi juga kaya akan kalori. 

3. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang merupakan sumber proteinm lemak dan kalori yang sehat untuk tubuh. Berikan anak kacang tanah, almond, mete, atau jenis kacang lainnya akan membuat anak tumbuh sehat juga aktif.

4. Ayam

Selama ini kita mengenal ayam sebagai sumber protein, namun tak itu saja, ayam juga mengandung kalori yang dibutuhkan anak-anak. Satu dada ayam memiliki 284 kalori, atau 165 kalori per 3,5 ons (100 gram). Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

5. Daging merah

Sumber kalori dari hewan lainnya adalah daging merah.  Kandungan leusin (asam amino) dan kreatin diet pada daging merah mampu merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak.

Tak hanya itu saja, daging merah juga kaya akan vitamin B12, Ma. Kandungan ini baik untuk sintesis protein, hormon, DNA, dan sel darah serta fungsi neurologis.

6. Kentang

Kentang merupakan sumber kalori yang kaya karbohidrat. Kentang juga baik untuk meningkatkan kontrol gula darah, memoderasi kenaikan gula darah setelah makan karena kandungan pati resisten, sejenis serat yang memberi makan bakteri ramah di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

7. Telur

Telu salah satu makanan wajib pada anak. Telur  sumber kalori, protein, dan vitamin dan mineral tertentu yang semuanya membantu mencapai ketinggian maksimum dan meningkatkan berat badan anak secara ideal.

8. Pisang

Pisang meruakan buah yang tinggi kalori. Buah ini kaya akan akan serat makanan, potasium, protein, vitamin A, C, dan folat, serta lemak sehat yang baik untuk meningkatkan energi dan stamina, mendapatkan berat badan sehat dan membuat tulang anak lebih kuat.

9. Alpukat

Buah ini terkenal padat kalori yang baik untuk menambahkan berat badan secara sehat. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES