Tekno

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Mudah Memulihkan Data yang Terhapus di PC

Senin, 28 Desember 2020 - 15:33 | 68.79k
Ilustrasi Data yang Terhapus di PC. (foto: Freepik)
Ilustrasi Data yang Terhapus di PC. (foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang tidak begitu paham mengenai bagaimana memperbaiki masalah pada sebuah laptop atau komputer. Maka tidak jarang terkadang hanya masalah sepele saja harus mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan proses perbaikan.

Salah satu masalah simpel adalah kejadian yang sangat umum sekali terjadi yakni hilangnya data penting dalam laptop kita atau komputer. Beberapa penyebab data hilang ini harus anda pahami dulu sebelum mengambil tindakan.

Ada beberapa tingkat keparahan data yang hilang pada PC. Ada yang ringan, sedang dan berat. Kita akan coba bahas dalam artikel ini.

Penyebab kehilangan data di PC

Karena terhapus

Jika data anda hilang di PC disebabkan karena faktor tidak sengaja misalkan karena terhapus sendiri, atau ketika dibuka oleh anak anda kemudian dia sengaja menekan tombol delete maka solusinya dalam masalah ini sangatlah mudah.

Anda tinggal buka recline bin dan cari data yang hilang tadi, apakah berupa dokumen, foto atau video.

Kemudian klik dan pilih option restore dan OK. Maka data anda akan kembali secara utuh. Ini kasus yang sederhana tapi masih saja ada orang yang belum paham memang.

Karena terserang Malware

Ini masuk pada kategori kehilangan data pada PC dalam lingkup masalah sedang belum terlalu berat. Anda hanya membutuhkan anti virus terbaik untuk melakukan proses scaning pada PC anda. Kebanyakan kasus ini terjadi karena anda melakukan instal perangkat lunak dengan sembarangan di PC anda.

Karena PC rusak dadakan

Kemudian kerusakan yang ketiga sudah kategori berat. Dimana ini tidak pernah bisa anda prediksi sebelumnya. Kondisi PC yang sedang anda gunakan normal kemudian tiba tiba mati dan tidak bisa hidup kembali.

Permasalahannya kebanyakan pada hardware, apakah itu RAM, Mainborad, kemudian UPS, atau kerusakan mesin pada PC anda. Dalam kasus seperti ini data penting yang ada simpan dalam D atau dokumen biasanya tidak bisa anda pulihkan lagi.

Lalu bagaimana cara pemulihannya ? Ya, satu satu cara adalah anda bisa menggunakan bantuan pihak kedua yakni mencari data recovery software terbaik. Tapi sayangnya yang ada saat ini masih jarang sekali yang bisa mengembalikan data secara keseluruhan dan hanya sebagian saja.

Dan, salah satu perangkat lunak populer yang banyak digunakan penggunanya di seluruh dunia yang bukan hanya bisa mengembalikan file anda yang hilang dengan cepat dan aman, tapi bisa memberikan option tambahan dari berbagai jenis mode dan format data apakah berbentuk dokumen, html, JS, kemudian video dan foto dengan ukuran tidak terbatas yakni EaseUS Data Recovery Wizard.

Meskipun gratis, ini adalah perangkat lunak pemulihan data yang populer dan banyak digunakan karena memiliki fitur yang baik membantu pengguna untuk menemukan kemudian memulihkan data & file penting anda secara aman, cepat dan juga mudah.

Sedangkan untuk menikmati fitur yang lebih lengkap dari perangkat lunak besutan EaseUS ini dalam mengembalikan data dengan ukuran besar dan unlimited, anda bisa  upgarde ke versi pro bisa anda cek langsung tersedia promo spesial Diskon 50% disini.

Sedangkan jika anda masih ragu dengan kecanggihan perangkat lunak ini, maka kami sarankan cobalah trial dulu. Dimana EaseUS memberikan masa percobaan kepada semua orang penggunanya di dunia dalam menikmati kecanggihan softwarenya ini dengan gratis alias cuma-cuma.

Tapi dalam masa percobaan ini sendiri anda hanya bisa melakukan proses pemulihan data dengan dibatasi sampai dengan ukuran maksimal 2GB saja. Dan untuk ukuran lebih banyak tidak terhingga maka sudah disediakan versi pro yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan misal langganan perbulan atau pertahun.

Lantas, seperti apa cara penggunaan dari perangkat lunak pemulihan data milik EaseUS tersebut? Cara yang sangat mudah dan cepat bisa anda lakukan. Pertama anda download terlebih dahulu EaseUS Data Recovery Wizard di situs resminya.

foto.png

Setelah itu, instal diperangkat anda dan setelah itu jalankan aplikasinya. Pilih lokasi untuk memulai menemukan data. Anda bisa mencoba dalam hal ini terdapat dua opsi pilihan yakni Quick Scan dan Deep Scan.

Quick Scan adalah melakukan pencarian hanya beberapa folder yang anda pilih dengan durasi waktu yang singkat. Sedangkan untuk Deep Scan adalah melakukan pencarian di seluruh folder yang tersedia dengan waktu yang lebih lama tentunya.

fotoa4a4f663b7c87140.png

Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan saja. Jika Quick Scan belum mendapatkan hasil maka opsi Deep Scan adalah yang terbaik. Setelah file & dokumen kembali muncul maka anda tinggal klik recover dan selesai. Semudah itu bagaimana mengembalikan data penting yang hilang di perangkat PC atau Laptop anda.

foto4ff76e3c63f1f1f3.png

Baik, sampai disini mengenai informasi menarik bagaimana cara memulihkan data hilang di PC tanpa harus pergi ke tukang service komputer dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES