Wisata

Museum Singhasari, Destinasi Wisata Sejarah Pilihan Saat Libur Tahun Baru

Kamis, 31 Desember 2020 - 00:21 | 126.87k
Suasana Museum Singhasari sebelum Pandemi Covid-19. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Suasana Museum Singhasari sebelum Pandemi Covid-19. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Beragam destinasi wisata sejarah di Kabupaten Malang, salah satunya adalah Museum Singhasari yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan saat liburan Tahun Baru.

Museum Singhasari terletak di Perumahan Singhasari Residance, Desa Kelampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Museum ini dikelola oleh Disparbud Kabupaten Malang.

Sebagai informasi, museum ini dibangun guna menunjang wisata Candi Singosari dan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Singosari yang menjadi program nasional.

Sehingga di tempat tersebut diisikan peninggalan sejarah maupun replika cagar budaya. Para pelajar, mahasiswa dan peneliti bisa memanfaatkan museum tersebut untuk belajar dan melakukan pengkajian.

"Museum Singhasari ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat belajar sejarah. Ini akan terus kami kembangkan guna mendukung KEK dan wisata sejarah di Kabupaten Malang," ujar Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara SH MSi.

Selain bisa digunakan untuk wisata sejara, Museum Singhasari juga bisa digunakan untuk pertunjukan kesenian tradisional.

Pasalnya kata Made, di Museum Singhasari sudah ada Pendapa yang bisa digunakan untuk menampilkan pertunjukan seperti wayang dan campursari.

"Karena saat ini masih Pandemi, maka pertunjukan masih dibatasi. Kalaupun digelar, maka mengutamakan protokol kesehatan dan via virtual," terangnya.

Sebagai informasi tambahan lainnya, wisata sejarah Museum Singhasari terletak tepat di kawasan KEK, sehingga mudah dijangkau untuk wisatawan yang berminat menikmati liburan Tahun Baru 2021 nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES