Kesehatan

5 Makanan Ini Rahasia Sehat dan Panjang Umur Orang Jepang

Rabu, 30 Desember 2020 - 17:32 | 87.74k
Sebuah keluarga di Jepang saat makan bersama. (FOTO: Lifejacks)
Sebuah keluarga di Jepang saat makan bersama. (FOTO: Lifejacks)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang Jepang yang sehat dan panjang umur. Makanan yang dikonsumsi orang Jepang sehar-hari berpengaruh pada kesehatannya. 

Cassandra Barns seorang ahli gizi yang praktik di London mengakui bahwa makanan Jepang memiliki sederet bahan yang dapat membuat sel-sel tubuh terhindar dari peradangan. 

Sebuah studi di Jepang, pada Maret lalu mengungkapkan bahwa orang yang menjalani kebiasaan diet masyarakat Jepang berisiko 15 persen lebih kecil untuk meninggal karena gangguan kardiovaskular dan stroke.

Sementara itu menurut ilmuwan penelitian kardiovaskular James DiNicolantonio, menggabungkan asupan karbohidrat dan lemak adalah kombinasi sempurna yang memicu obesitas. 

"Namun orang Jepang cenderung mengonsumsi tinggi karbohidrat tetapi rendah lemak dan itu perpaduan yang bagus untuk sehat," jelasnya. 

Kira-kira makanan apa ya yang membuat orang Jepang sehat dan panjang umur? 

1. Ikan

Konsumsi ikan di Jepang paling tinggi dibanding negara-negara lainnya. Ikan mengandung asam lemak omega- 3 yang berperan menjaga kesehtan jantung dan memperbaiki sirkulasi darah. 

Selain itu ikan juga dapat menjaga kesehatan otak, mata sekaligus mengurangi peradangan. Hebatnya lagi ikan kaya akan selenium yang penting menambah antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Pasta miso dan umami

Kedua makanan ini berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Baik miso dan umami mengandung isoflavon yang  bermmanfaat bagi wanita setelah menopause. Makanan ini juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan endometrium.

3. Rumput laut

Kita sering jumpai ya makanan Jepang banyak yang ditambahkan rumput laut. Tak hanya pada makanan utama, rumput laut juga kerap dijadikan camilan oleh orang Jepang. 

Makan ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung yodium, seng, magnesium, kalium dan lusinan mineral lainnya. 

4. Matcha tea

Minuman ini tengah populer di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Padahaldi Jepang matcha adalah salah satu minuman tradisional. 

Matcha mengandung flavonol yang dapat mempertahankan antioksidan dalam tubuh. Matcha juga mengandung theanine yang dipercaya dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran, sehingga terhindar dari stres. 

5. Sayuran acar

Sayuran acara merupakan probiotik alami yang dapat membantu prosses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Selain itu sayuran acar dapat membantu mencegah kondisi yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, seperti penyakit autoimun.

Ingin sehat dan panjang umur seperti orang Jepang, yuk tiru apa yang mereka makan. (*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES