Kesehatan

Empat Obat Alami untuk Sariawan, Mudah Didapat

Selasa, 29 Desember 2020 - 09:24 | 75.27k
Ilustrasi - Sariawan (FOTO: motherandbaby)
Ilustrasi - Sariawan (FOTO: motherandbaby)

TIMESINDONESIA, JAKARTASariawan merupakan luka yang terdapat di area mulut. Biasanya sariawan terjadi karena kurang asupan vitamin C, atau masalah lain seperti lidah yang tak sengaja tergigit.

Obat sariawan banyak dijual di pasaran, namun sebenarnya obat alaminya juga terdapat di sekitar kita. Apa saja ya?

1. Garam

Air garam sebagai antiseptik mulut. Sebab salah satu penyebab sariawan adalah jamur atau bakter di dalam mulut. Caranya cukup berkumur menggunakan air garam selama 1 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari agar sariawan segera sembut.

2. Lemon

Buah lemon yang kaya akan vitamin C dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan. Caranya Anda dalat mengonsumsi perasan air lemon. Atau juga dapat berkumur dengan perasan air lemon.

3. Madu

Selain mengandung vitamin C, madu juga mengandung antioksidan sehigga dapat untuk mengobati sariawan. Caranya langsung saja oleskan madu pada bagian yang terluka atau sariawan. Obat sariawan alami inipaling cocok untuk anak-anak, karena rasanya manis dan tidak terlalu perih dika dioleskan ke bagian yang sariawan.

4. Cengkeh

Rempah cengkeh juga ampuh untuk mengobati sariawan. Caranya seduh cengkeh dengan air hangat selama 5 menit. Lalu gunakan air cengkeh tadi untuk berkumur. Lakukan rutin agar sariawan lekas sembuh

Selain 4 obat alami sariawan tersebut, dianjurkan juga untuk banyak minum air putih dan makan buah terutama yang mengandung banyak air dan vitamin C. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES