Tekno

Kabar Gembira, Alat Tes Covid-19 GeNose C19 Temuan Peneliti UGM Dapat Izin Edar

Minggu, 27 Desember 2020 - 20:03 | 48.55k
Alat Tes Covid-19 GeNose C19. (FOTO: UGM)
Alat Tes Covid-19 GeNose C19. (FOTO: UGM)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) patut berbangga. Sebab, alat tes Covid-19 bernama GeNose C19 yang dirancang peneliti UGM telah mengantongi izin edar dari pemerintah, Kamis (24/12/2020). Harganya pun tergolong murah yaitu antara Rp 15 hingga Rp 25 ribu per tes. Peneliti mengklaim, harga tes lebih murah dibandingkan alat tes lainnya.

“Selain murah, hasil tes juga cepat yaitu sekitar 2 menit. Alat ini juga tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya,” kata Ketua tim pengembang GeNose dari UGM, Prof Kuwat Triyana dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/12/2020).

Alat-Tes-Covid-19-GeNose-C19-v2.jpg

Setelah mengantongi izin edar, tim peneliti UGM akan menyerahkan GeNose C19 yang telah diproduksi secara masa kepada pendana yaitu Badan Intelejen Negara (BIN) dan Kemenristek. Selanjutnya, alat tersebut didistribusikan sesuai kebutuhan.

“Alat GeNose C19 menunjukkan tingkat akurasi 97 persen di RS Jogja,” kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) atau Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro.

Cara kerja alat GeNose C19 temuan peneliti UGM tersebut cukup sederhana. Yakni, melalui hembusan napas yang kemudian dianalisa oleh Artificial intelligence (AI). Hasil deteksi yang dikeluarkan oleh GeNose diklaim konsisten dengan hasil dari deteksi dengan sistem swab PCR. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES