Kesehatan

5 Cara Mudah Atasi Perut Kembung saat Datang Bulan

Sabtu, 26 Desember 2020 - 06:11 | 64.31k
Ilustrasi - Tips mengatasi perut kembung saat datang bulan (FOTO: Freepik/ diana.grytsku)
Ilustrasi - Tips mengatasi perut kembung saat datang bulan (FOTO: Freepik/ diana.grytsku)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain kram perut, biasanya kaum Hawa juga akan mengalai perut kembung saat datang bulan. 

Rasa tidak nyaman pada perut saat haid tentunya dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya obat gosok atau minyak kayu putih digunakan untuk mengatasi perut kembung. 

Selain obat gosok beberapa cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung.

1. Minum air putih

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di masa haid, sebaiknya perbanyak minum air putih agar tidak terjadi sembelit dan perut kembung. 

2. Tidak makan makanan yang menimbulkan gas

Jangan makan makanan yang mengandung gas, seperti kubis, sawi, selada. Mengutip dari women's health, sayur tersebut mengandung gula kompleks bernama raffinose. Gula kompleks itulah yang membuat perut jadi kembung. 

3. Olahraga ringan

Saat datang bulan badan akan terasa lemas, hal itu membuat malas untuk bergerak. Nah mulai saat ini sebaiknya lawan rasa malas saat haid. Lakukanlah olahraga ringan atau setidaknya perenggangan tubuh. Gerakan tubuh itu dapat mengatasi gejala premenstruasi atau PMS, termasuk perut kembung. 

4. Perbanyak magnesium

Magnesium termasuk elektrolit yang menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Journal of Womens Health tahun 1998, konsumsi 200 mg magnesium setiap harinya dapat mengurangi rasa nyeri dan kembung saat PMS.

Selain mengonsumsi suplemen magnesium, Anda juga bisa mendapatkan asupannya lewat makanan, misalnya dari bayam, selai kacang, kentang, dan masih banyak lagi.

5. Hindari kafein dan alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein dapat merangsang saluran pencernaan bekerja lebih keras. Hal itu akan berakibat iritasi pada usus hingga terjadi perut kembung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES