Peristiwa Daerah

Hati-hati, Ada Akun Facebook Palsu yang Mengaku Bupati Ciamis

Senin, 21 Desember 2020 - 16:39 | 111.66k
Pemalsuan Akun FB oleh oknum yg tidak bertanggungjawab (Foto : Humas Ciamis)
Pemalsuan Akun FB oleh oknum yg tidak bertanggungjawab (Foto : Humas Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Pemalsuan akun Facebook (FB) dengan nama akun Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh pelaku, akun palsu FB itu digunakan untuk menipu korban dengan modus akan diberikan pulsa atau ditransfer uang.

Dalam rilis dari Humas Pemda Ciamis, Minggu (20/12/2020) dikabarkan pelaku meminta kontak WhatsApp (WA) korban lalu mengaktifkan WA di handphone-nya.

Selanjutnya ia meminta kembali kode One Time Password (OTP) yang diterima melalui SMS di handphone korban. Proses tersebut dilakukan melalui chat facebook secara personal.

"Saya tadi dapat WA dari ajudan Bupati Ciamis, dia menyampaikan kalau ada akun FB palsu mengatasnamakan nama Bupati (Herdiat Sunarya) yang melakukan penipuan ke berbagai akun medsos masyarakat Ciamis," kata Ani Supiani, ST, Msi, Kabag Humas Pemda saat dihubungi media, Minggu (20/12/2020).

Selain pemalsuan akun dan menipu korban untuk mencuri akses WA-nya, pelaku juga meminta tebusan uang kepada korban yang telah tertipu. "Setelah WA korban diambil alih pelaku, ia (pelaku) minta tebusan untuk mengembalikan akunnya," ujarnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Ani mengimbau kepada masyarakat agar tidak menanggapi pesan yang dikirimkan oleh akun palsu FB dengan nama Bupati Ciamis (Herdiat Sunarya). Mengingat akun tersebut merupakan akun palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Bagi birokrat yang murni di birokrasi kan tidak ada kamusnya pejabat minta kode OTP atau uang seperti itu (dengan modus kirim pesan FB ke orang lain)," pungkasnya.

Saat ini pihak berwenang sedang melakukan pelacakan. Selain itu, imbauan juga telah dikeluarkan melalui akun FB dan Instagram resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis.

Dalam postingan akun tersebut, masyarakat diimbau agar berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan akun palsu Bupati Ciamis dan agar tidak menanggapi pesan yang dikirimkan melalui akun FB milik Herdiat Sunarya mengingat akun FB tersebut merupakan palsu dan digunakan untuk menipu.

Sementara itu,  Kepala Bidang Persandian dan Telematika Dinas Kominfo Ciamis, Hendri, menjelaskan, penipuan yang dilakukan pelaku pemalsuan akun Bupati Ciamis (herdiat Sunarya) menggunakan SIM SWAP dengan teknik Social Engineering.

"Pelaku menggunakan akun palsu public figure, korban merasa tersanjung dan hormat dengan pesan yang masuk ke mereka dan secara tidak sadar menginfokan (OTP) ke penipu," jelasnya.

"Kita dari Dinas Kominfo Ciamis telah melaporkan pada Kemenkominfo melalui aduankonten.id pada tanggal 18 Desember kemarin, saat ini akun Facebook palsu (Bupati Ciamis) tersebut sudah di takedown," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES