Tekno

Menghemat Kuota Internet Saat Pandemi? Begini Caranya

Sabtu, 19 Desember 2020 - 08:19 | 90.94k
Ilustrasi Internet. (foto: Freepik)
Ilustrasi Internet. (foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membawa perubahan gaya hidup pada masyarakat. Bahkan di kondisi New Normal ini, masyarakat pun dianjurkan mengurangi aktivitas di luar ruangan, bahkan jika memungkinkan berkegiatan lewat online.Tentu saja dengan cara ini, secara finansial diperlukan kuota internet yang cukup.

Karena dibutuhkan lumayan banyak sehingga menjadi keharusan untuk membeli paket data. Tanpa disadari, hal ini tentu saja sangat berisiko membuat pengeluaran membengkak dan tidak sebanding dengan pemasukan.

Oleh karena itu, daripada mengeluhkan pengeluaran yang melonjak akibat sering membeli paket data internet, ada baiknya untuk mencari cara agar pemakaian kuota internet bisa menjadi lebih hemat.

Tidak sulit, baik pemakaian di smartphone dan komputer memiliki caranya tersendiri agar pemakaian kuota internet bisa menjadi lebih awet dan menjaga pengeluaran yaitu dengan melalui:

1. Manfaatkan Fitur Perangkat yang Mampu Menghemat Kuota

Setiap tahunnya, gawai keluaran terbaru seperti smartphone pasti dilengkapi dengan fitur baru yang mampu meningkatkan kenyamanan pengguna dan lebih fungsional.

Selain itu, agar kuota internet dapat digunakan dengan lebih optimal, matikan fitur sinkronisasi otomatis, auto download, serta background data.

Untuk di perangkat komputer, juga bisa memanfaatkan fitur metered connection ketika tethering, pasang data limit, serta matikan fitur update, juga sinkronisasi otomatis. Dengan begitu, kuota internet tidak akan sampai tersedot habis tanpa disadari.

2. Lebih Selektif dalam Memperbarui Aplikasi

Dengan menghemat kuota bisa juga dilakukan dengan lebih selektif memperbarui aplikasi. Setiap beberapa hari sekali, sebagian aplikasi yang terpasang di smartphone pasti membutuhkan update ke versi terbarunya. Karena biasanya membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

3. Atur Resolusi saat Streaming

Sudah umum diketahui jika aktivitas streaming mampu menguras kuota internet dengan sangat cepat. Solusinya, setiap kali melakukan streaming, atur resolusi video atau audio menjadi lebih rendah agar pemakaian kuota internet per detiknya menjadi lebih kecil sehingga bisa lebih berlama-lama streaming meski dengan pemakaian kuota internet yang tidak jauh berbeda.  

Alternatifnya, juga bisa menggunakan paket internet khusus untuk streaming yang disediakan oleh berbagai provider di Indonesia. Contohnya paket internet 3 Always On (AON) yang menyediakan kuota tambahan untuk streaming, paket internet Freedom U dari Indosat, dan lain-lain.

4. Gunakan Aplikasi Browser dengan Fitur Kompresi Data

Bermain internet identik dengan pemakaian aplikasi browser, seperti Google Chrome dan Opera Mini. Entah sudah tahu atau belum, kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang mampu menghemat atau mengkompres pemakaian data internet penggunanya. Fitur tersebut adalah data saver pada aplikasi Google Chrome, dan data saving pada aplikasi Opera Mini.

Sesuai namanya, fitur tersebut mampu menekan konsumsi kuota internet saat sedang asyik menjelajah dunia maya. Dalam kata lain, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan boros kuota karena fitur pada aplikasi browser tersebut ampuh menekan pemakaian internet secara signifikan.

5. Lebih Bijak Menggunakan Aplikasi Video Conference

Sejak pandemi virus Korona ini berlangsung, tak sedikit masyarakat yang harus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya secara online. Akibatnya, pertemuan dengan rekan kantor harus dilakukan melalui aplikasi video conference, seperti Zoom dan Skype. Sudah pasti jika aplikasi ini dapat menyedot kuota internet dengan cepat karena sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi streaming video.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mematikan video dan juga audio saat tidak dibutuhkan. Kemudian, jika diminta untuk menyalakannya karena harus menyampaikan presentasi dan semacamnya, Anda dapat mengaktifkan kembali video atau audio.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi resolusi video menjadi lebih rendah agar tidak memakan kuota internet terlalu besar setiap detiknya. Tidak harus dengan gambar yang jernih, atur resolusi dengan pixel yang menurut Anda sudah cukup jelas terlihat saja.

6. Pilih Aplikasi Media Sosial Versi Lite

Pemakaian aplikasi media sosial bagi kebanyakan orang memang tidak bisa dihindari. Daripada mengurangi penggunaannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi dengan versi Lite, seperti Facebook Lite dan Twitter Lite. Dengan layanan yang tidak jauh berbeda, bisa menghemat pemakaian kuota internet secara drastis menggunakan aplikasi dengan versi Lite.

Tak Lagi Pusing Memikirkan Kuota Internet yang Cepat Habis. Kuota internet habis sebelum waktunya menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di masa sekarang ini.

Untungnya, pemakaian kuota internet dapat dengan mudah dihemat agar intensitas pembelian paket data internet bisa menurun sehingga pengeluaran dapat ditekan sedemikian rupa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES