Peristiwa Daerah

Anggota DPD RI Hilmy Muhammad Dorong Pengembangan Wisata Halal

Jumat, 18 Desember 2020 - 08:41 | 44.47k
Anggota DPD RI Hilmy Muhammad melakukan jaring aspirasi. (FOTO: Edy Setyawan/TIMES Indonesia)
Anggota DPD RI Hilmy Muhammad melakukan jaring aspirasi. (FOTO: Edy Setyawan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hilmy Muhammad mendorong terciptanya wisata halal di wilayah Yogyakarta.

Hilmy mengatakan, saat ini, DPD RI khususnya Komite III yang membidangi  agama, pendidikan, kesejahteraan sosial, ketenagakerjaan, pariwisata, olahraga, ekonomi kreatif, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak serta kepemudaan telah mengandeng Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf RI) terkait pengelolaan wisata halal.

Hilmy memaparkan bahwa wisata halal itu bukan berarti wisata yang dihanya diperuntukkan bagi umat muslim. Namun, wisata halal itu bagaimana menciptakan suasana destinasi wisata yang friendly atau ramah terhadap para pelancong yang bertandang ke pelbagai objek wisata itu. Sebab menurut dia, pengelolaan wisata di segmen ini memiliki peluang besar jumlah kunjungannya.

DPD-RI-Hilmy-Muhammad-2.jpg

"Saya katakan dalam kesempatan tersebut, ini saya usul bukan karena kita ini negara muslim terbesar di dunia. Tetapi yang saya maksud dalam kesempatan ini adalah potensi wisata  halal, kunjungannya sangat besar. Kebetulan kita didukung pula oleh penduduk muslim yang sangat besar," ucapnya saat kegiatan reses di Taman Wisata Embung Bem-Bem, Dusun Trasih, Desa Giriasih, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (17/12/2020) malam.

Menurutnya, aktivitas wisata di tanah air utamanya  pada jumlah kunjungan saat ini sungguh memprihatinkan. Sebagai contoh wisatawan dari mancanegara yang bertandang ke Indonesia jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan negara yang penduduknya bukan mayoritas muslim seperti Thailand. Tetapi gelombang kunjungan di negara itu cukup besar karena mereka gerak cepat melihat peluang besar itu sehingga pengelolaan wisata halal segera di kembangkan di sana.

"Hari ini trend wisata muslim marak di berbagai negara. Di Jepang pengembangan model wisata itu  salah satu andalan. Apalagi menjelang olimpiade Jepang, mereka ramai ramai menggalakkan wisata halal. Kalau kita dengan penduduk muslim terbesar tidak perhatian dengan wisata halal itu akan sangat rugi," tegasnya . (*)

Dalam reses kali ini. Hilmy Muhammad menyampaikan ucapan terimakasih kepada para simpatisan NU khususnya di Kecamatan Purwosari yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sehingga ia terpilih sebagai salah satu anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) DIY pada pemilu 2019 lalu.

Selama menjabat setahun terakhir ini, Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak yang duduk sebagai Koordinator Komite III yang membidangi  agama, pendidikan, kesejahteraan sosial, ketenagakerjaan, pariwisata, olahraga, ekonomi kreatif, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak serta kepemudaan ini mengaku telah melakukan berbagai upaya menuntaskan persoalan terkait bidangnya itu bersama dengan pihak pemerintah pusat.

"Alhamdulillah, tugas-tugas kedinasan, rapat kerja bersama pihak pihak dari eksekutif maupun organisasi organisasi terkait bidang saya. Bersama mitra mitra saya itu sudah melakukan upaya-upaya menyelesaikan berbagai persoalan terkait bidang komite saya itu," kata Anggota DPD RI asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hilmy Muhammad. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES