Kuliner

Cara Membuat Mangut Lele, Sajian Favorit Sang Sultan

Kamis, 17 Desember 2020 - 14:12 | 98.94k
mangut lele. (FOTO: Instagram.com/brojajan)
mangut lele. (FOTO: Instagram.com/brojajan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi warga Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah tak asing lagi ya dengan sajian mangut lele. Dahulu, kuliner ini merupakan menu yang hanya disajikan di kalangan keraton Yogyakarta

Mangut lele merupakan menu favorit Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Meski demikian Sang Sultan mau berbagi resep kesukaannya itu pada warga. 

Sang Sultan selalu menggunakan lele yang masih segar, atau baru saja ditangkap. Lele yang baru ditangkap punya rasa yang lebih gurih sehingga mempengaruhi cita rasa mangut lele. 

Selain itu kunci dari mangut lele ala Sultan adalah menggunakan rempah asli Indonesia. Seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, lengkuas. Digunakan juga beberapa dedaunan untuk menambah aromatik sajian, seperti daun salam dan daun jeruk purut. 

Untuk penyedapnya digunakan garam, gula pasir dan gula merah. Tak lupa cabe besar merah, hijau, tomat dan kemangi sebagai pelengkap. Sedangkan untuk kuahnya, dipakai santan dari kelapa tua. 

Cara membuat mangut lele, bersihkan lele terlebih dahulu. Marinasi atau rendam lele dalam larutan air dan jeruk nipis beberapa saat. Lalu goreng lele yang sudah dibubui dengan bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar dan garam. 

Sambil menunggu lele matang, haluskan bumbu mangut. Zaman kerajaan tentunya menghaluskan bumbu pakai cara tradisional ya, yaitu pakai cobek batu. Konon menghaluskan bumbu pakai cobek dengan pakai blender punya hasil yang berbeda. Aroma bumbu yang dihaluskan pakai cobek akan lebih kuat. 

Cara membuatnya tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan irisan cabe besar (merah dan hijau) tumis lagi. Perhatikan besar api ya, jangan sampai bumbu gosong. 

Lalu tambahkan air dan santan. Aduk kuah hingga mendidih. Jangan lupa garam gula dan gula merah ya. Selanjutnya masukkan lele yang sudah digoreng dalam kuah. Aduk sebentar dan biarkan meresap. Tambahkan tomat merah dan kemangi sesaat sebelum kompor dimatikan. Jangan lupa cek rasa dulu ya sebelum disajikan. Nah mangut lele ala sultan siap disajikan bersama nasi hangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES