Adv UMKM Tangguh

Kerajinan Ukir Kayu Asli Lumajang Tembus Pasar Ekspor

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:24 | 63.35k
Salah satu pengrajin ukir kayu Lumajang hasil olahannya sempat tembus pasar ekspor (Foto: Subhan dor TIMES Indonesia)
Salah satu pengrajin ukir kayu Lumajang hasil olahannya sempat tembus pasar ekspor (Foto: Subhan dor TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Tak hanya kaya akan keberagaman tanaman kayu keras, Kabupaten Lumajang juga kaya akan kerajinan ukir kayu. Terbukti pada masa jayanya, ukir kayu asli Lumajang sempat menembus pasar ekspor.

Tepatnya di Desa Klakah Kecamatan Klakah ada usaha kerajinan ukir kayu yang sudah hidup sejak tahun 1999. Tak hanya di Indonesia, hasil kerajinan ukir kayu tersebut sempat menembus pasar ekspor.

Salah satu pengrajin ukir kayu, Subhan mengatakan pengrajin kayu di desanya sudah lama menggeluti ukir kayu. Kebanyakan mereka memiliki kemampuan secara turun menurun. Sehingga saat ini banyak pemuda desa yang menggeluti dunia tersebut.

"Dulu sempat sering kirim ke Taiwan," katanya.

Untuk itu, Subhan dan puluhan warga di desanya berkeinginan untuk tetap mempertahankan eksistensi seni ukir kayu asli Lumajang. Tentunya dengan mengangkat tema khas Lumajang. Seperti ukir pisang raja, kuda kencak dan ikon yang menjadi ciri khas Kabupaten Lumajang.

"Kedepan dia berharap kerajinan ukir ini kembali mampu menembus pasar ekspor dengan membawa nama Lumajang, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri untuk warga Lumajang," ucapnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lumajang memfasilitasi pegiat UMKM dengan membantu memasarkan produk untuk mempercepat dan membangkitkan kembali usaha kecil menengah di Kabupaten Lumajang. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES