Pendidikan

Direktur Jenderal Pajak Beri Edukasi Keuangan Negara Pada Siswa SMA di Aceh

Sabtu, 05 Desember 2020 - 22:30 | 44.53k
Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo saat memberikan materi Kementrian Keuangan Mengajar kepada Siswa SMA Sukma Bangsa Pidie, Aceh. (Foto: Dok. Direktur Jenderal Pajak) 
Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo saat memberikan materi Kementrian Keuangan Mengajar kepada Siswa SMA Sukma Bangsa Pidie, Aceh. (Foto: Dok. Direktur Jenderal Pajak) 

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Masa Pandemi Covid 19 Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI) tetap menyelenggarakan kegiatan Kemenkeu Mengajar melalui Direktur Jenderal Pajak. Kegiatan ini dilakukan secara daring atau virtual via Zoom.

Kegiatan Kemenkeu RI Mengajar ini diikuti ribuan relawan yang merupakan pegawai Kemenkeu dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari jajaran pejabat hingga pelaksana mengikuti keseruan kegiatan Kemenkeu Mengajar tahun ini, termasuk salah satunya ialah Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo.

Bersama 20 relawan lainnya, Suryo Utomo memberikan edukasi seputar Keuangan Negara di SMA Sukma Bangsa Pidie, Aceh yang diikuti 140 siswa dan 12 guru pendamping.

Dalam Kementerian Keuangan Mengajar kali ini ada pertanyaan mengapa di daerah terpencil pembangunan infrastruktur masih belum berjalan? Sedangkan masyarakat butuh infrastruktur tersebut berjalan dari pemerintah untuk menggerakkan ekonomi dan sebagainya, lalu apa yang membuat pembangunan tersebut tersendat?

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo aPeserta kegiatan Kementrian Keuangan Mengajar. (Foto: Dok. Direktur Jenderal Pajak) 

"Semua yang ada di Indonesia ini diharapkan ada pemerataan pembangunan. Secara khusus, secara perlahan nanti akan mengarah ke sana, dimulai dari jalan, lalu ke tol, misal dari arah utara lalu ke selatan di Aceh. Hal-hal itu dilakukan secara bertahap karena mempertimbangkan antara yang didapat dengan berapa yang dialokasi oleh Kementerian Keuangan," Kata Suryo Utomo kepada TIMES Indonesia, Sabtu (5/12/2020).

Suryo Utomo menambahkan jika tak hanya edukasi seputar keuangan negara, kegiatan mengajar virtual Kementerian Keuangan ini para relawan pun menyelipkan beberapa games sebagai hiburan di tengah-tengah sesi belajar mengajar. Hal ini tentunya menambah antusiasme siswa dan memberikan kesan yang meriah pada pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 5.

“Kementerian keuangan dalam kegiatan mengajar ini mengajak adik-adik yang ada di SMA Sukma Bangsa,  paham mengenai APBN dan pajak. Bahwa APBN di-support dari pajak, karena sampai kapanpun APBN dan pajak itu nempelnya ke pengelolaan negara Indonesia," pesannya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Sukma Bangsa Pidie, Aceh, Muchlisan Putra mengapresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemenkeu Mengajar 5.

"Ini merupakan program yang luar biasa, dan semoga kami berharap nanti anak-anak kami juga bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kondisi pandemi ini merupakan tantangan kita di dunia Pendidikan, tapi bagaimana tantangan kita jadikan sebuah peluang untuk bisa mengambil manfaat dari tantangan yang terjadi," kata Muchlisan Putra. 

Siswa SMA di AcehPeserta kegiatan Kementrian Keuangan Mengajar. (Foto: Dok. Direktur Jenderal Pajak) 

Sementara itu, leidya Meirina Sukmana, salah satu Relawan Fasilitator Kemenkeu Mengajar 5 menuturkan bahwa pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 5 di SMA Sukma Bangsa Pidie,Aceh berjalan lancar dari mulai persiapan hingga acara selesai.

"Siswa-siswi peserta Kemenkeu Mengajar 5 banyak yang memberikan respon positif dan mereka berharap kegiatan Kemenkeu Mengajar tetap diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES