Politik Pilkada Serentak 2020

Hari Tenang Pilbup Ponorogo, Tim Gabungan Lakukan Patroli

Sabtu, 05 Desember 2020 - 21:36 | 27.86k
Plt Bupati Soedjarno, Kapolres AKBP Mochamad Nur Azis, Dandim Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, dan Ketua Bawaslu Moh Syaiufulloh usai Rakor kesiapan Pilkada Ponorogo. (Foto: Kominfo Ponorogo for TIMES Indonesia)
Plt Bupati Soedjarno, Kapolres AKBP Mochamad Nur Azis, Dandim Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, dan Ketua Bawaslu Moh Syaiufulloh usai Rakor kesiapan Pilkada Ponorogo. (Foto: Kominfo Ponorogo for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres, Kodim, dan Satpol PP Ponorogo akan menggelar patroli selama tiga hari masa tenang Pilbup Ponorogo yang berlangsung pada 6, 7, dan 8 Desember 2020.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Ponorogo Moh Syaifulloh saat Rapat Koordinasi  (Rakor) Sinergitas Persiapan Pengawasan Pada  Pilbub Ponorogo 2020 di Aula Hotel Gajahmada Ponorogo, Sabtu (5/12/2020).

Selain patroli, kata Moh Syaifulloh, untuk memastikan bahwa tahapan tersebut berlangsung dengan tenang, benar-benar tidak ada kampanye pihaknya juga akan melakukan pembersihan alat peraga kampanye dan tidak ada pula intimidasi kepada masyarakat untuk mempengaruhipilihannya.

"Nanti kami dan pihak keamanan akan melakukan patroli pengawasan di seluruh tingkat dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa. Patroli akan mengelilingi wilayah kerjanya, kami ingin memastikan tidak ada aktivitas kampanye, penyebaran bahan kampanye, dan  penyebaran uang atau money politic," katanya.

Soal money politic, Moh Syaifulloh mengingatkan kepada semua pihak terutama dari tim Paslon Pilbub Ponorogo, bahwa pemberi dan penerima bisa terkena hukuman sesuai UU Pilkada.

"Pelaku yang terbukti dapat dijatuhi sanksi pidana minimal 36 bulan atau maksimal 72 bulan ataupun denda maksimal Rp 1 miliar," terang Moh Syaifulloh.

Sementara Plt Bupati Ponorogo Soedjarno sangat mengapresiasi rencana patroli bersama yang akan dilaksanakan Bawaslu hingga Panwascam bersama aparat keamanan di masing-masing tingkatan.

Soedjarno berharap agar semua pihak bisa menciptakan kondisi keamanan dan politik yang kondusif.

"Apalagi jelang coblosan kali ini di medsos maupun media berpesanan sudah begitu gencar provokasi dan intimidasi. Saya mohon semua pihak bisa waspada namun tetap dengan kearifan, semua harus terus berkoordinasi sehingga tidak ada pelanggaran dari ketentuan yang ada," jelas Plt Bupati Ponorogo Soedjarno.

Selain Plt Bupati Ponorogo Soedjarno, Rakor terkait patroli dalam masa tenang Pilbup Ponorogo tersebut juga dihadiri Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis, Dandim Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, Ketua Bawaslu Ponorogo Moh Syaifulloh, Ketua Panwascam, dan Kapolsek se Ponorogo. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES