Pendidikan

DPMD Jombang Gandeng STIE Dewantara Kembangkan BUM Desa

Sabtu, 05 Desember 2020 - 17:18 | 58.03k
Kuliah Umum Bumdes di STIE Dewantara. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Kuliah Umum Bumdes di STIE Dewantara. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Tingkatkan kemandirian desa dengan Pemberdayaan BUM Desa (Badan Usaha Milik Desa), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, Jawa Timur bekerjasama dengan Kampus STIE Dewantara Jombang Gelas Kuliah Umum Sekolah BUMDes bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di Aula STIE Dewantara Jombang. Sabtu, (5/12/2020).

Dalam Sabutannya Sumrambah, Wakil Bupati Jombang berharap Menteri Desa mampu meningkatkan kemajuan BUMDesa yang ada di Jombang.

Kuliah Umum Bumdes 2

Sementara itu  Menteri Desa, mengatakan, BUMDes merupakan ujuk tombak pertama dan utama yang dimiliki desa untuk mendongkrak perekonomian desa.

"BUMDes nantinya akan mempunyai badan hukum sendiri. Kemaren sudah kita rapatkan di kementrian sehingga Nanti BUMDes bisa setara dengan BUMN, PT dan usaha-usaha lainnya," ungkapnya.

Hal tersebut mampu membuat implikasi pergerakan BUM Desa sebagai badan hukum untuk meningkatkan berbagai usaha.

Kuliah Umum Bumdes 3

"Sehingga core bisnis BUMDes tidak boleh mengganggu bisnisnya masyarakat. Artinya jika masyarakat sudah membuat usaha pembuatan kripik, tahu dan sebagainya BUM Desa tidak boleh seperti itu boleh kesitu tapi sebagai mediasi seperti memasarkannya dan memberi arahannya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES