Peristiwa Internasional

China Jadi Negara Kedua yang Berhasil Menancapkan Bendera di Bulan

Sabtu, 05 Desember 2020 - 10:16 | 67.60k
Chang'e-5 mendarat di barat laut sisi dekat Bulan, terlihat bendera China (kanan).(FOTO: BBC/CNSA (China National Space Administration))
Chang'e-5 mendarat di barat laut sisi dekat Bulan, terlihat bendera China (kanan).(FOTO: BBC/CNSA (China National Space Administration))

TIMESINDONESIA, JAKARTA – China menjadi negara kedua yang telah menancapkan bendera di bulan, 50 tahun setelah Amerika Serikat (AS) melakukan hal yang sama.

Amerika Serikat menancapkan  bendera pertama di bulan pada misi Apollo 11 berawak tahun 1969. Lima bendera AS kemudian ditancapkan di permukaan bulan selama misi berikutnya hingga tahun 1972

Seperti dilansir BBC, gambar-gambar dari Administrasi Luar Angkasa Nasional China memperlihatkan bendera merah berbintang lima yang masih menempel di permukaan bulan yang tidak berangin.

Mereka diambil dari kamera pesawat luar angkasa Chang'e-5 sebelum meninggalkan Bulan dengan sampel batuan pada hari Kamis (3/12/2020).

China-Bulan-2.jpg

Pesawat ini telah mengambil sampel tanah dan batuan ke pengorbit bulan China yang berada 15 km (sembilan mil) di atas permukaan bulan - yang kemudian akan dimasukkan dalam modul yang akan diarahkan ke wilayah Mongolia Dalam China.

Bendera kain itu dikibarkan oleh kendaraan pendarat Chang'e-5 tepat sebelum kendaraan pendaratnya lepas landas menggunakan pendarat sebagai landasan peluncuran.

Dua misi bulan China sebelumnya memiliki bendera di lapisan kerajinan - jadi tidak ada bendera yang bisa ditempelkan ke bulan.

Pada tahun 2012, NASA mengutip gambar satelit yang menunjukkan bahwa lima dari bendera masih berdiri. Tetapi para ahli yang dikutip dalam laporan media mengatakan bahwa kemungkinan besar telah memudar oleh cahaya matahari.

Bendera pertama yang dikatakan oleh astronot Buzz Aldrin telah ditempatkan terlalu dekat dengan modul bulan Apollo dan, katanya, mungkin terlempar saat modul itu meledak.

Koran Global Times yang dikelola pemerintah menyebutkan, bahwa bendera China itu menjadi pengingat akan kegembiraan dan inspirasi yang dirasakan selama misi Apollo AS.

Bendera kain China dikibarkan oleh kendaraan pendarat Chang'e-5 tepat sebelum kendaraan pendaratnya lepas landas menggunakan pendarat sebagai landasan peluncuran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES