Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Sempat Bertambah 8369 Kasus Covid-19, Prof Wiku: Protokol Kesehatan Penting

Sabtu, 05 Desember 2020 - 08:45 | 31.34k
Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Setkab.go.id)
Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Setkab.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jumlah kasus positif Covid-19 sempat bertambah 8.369 pasien pada Kamis (3/12/2020) lalu. Jumlah ini menjadi rekor penambahan tertinggi di Indonesia dalam satu hari.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyatakan penambahan dengan jumlah yang cukup tinggi itu karena beberapa faktor. Pertama akumulasi penambahan karena libur panjang.

"Ada kenaikan 50-100 persen sejak libur panjang pada akhir Oktober lalu. Semakin kesini semakin menggila, tingkat penularannya tinggi," ucap Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

Namun sisi lain menurut Wiku juga sinkronisasi data antara pusat dengan daerah sehingga penambahan angka kasus baru sangat besar. 

"Ada beberapa daerah yang kesulitan untuk memasukkan data sehingga terakumulasi sejak 19 November seperti Papua baru masuk jumlahnya bertambah 1700 lebih," ungkap Prof Wiku.

Dengan angka penambahan pasien positif Covid-19, Prof Wiku mengingatkan warga pentingnya protokol kesehatan. "Angka penularan masih tinggi di masyarakat. Jangan lengah terus lakukan protokol kesehatan," tegasnya.

Pemerintah juga melakukan evaluasi kepada program komunikasi ke warga. Prof Wiku menilai Indonesia memiliki jumlah penduduk yang banyak dengan budaya yang beragam.

"Ini tantangan buat kami bahwa menyentuh tiap warga berbeda satu dengan yang lain. Kita akan menyesuaikan cara komunikasi kita. Tidak perlu jauh jauh, di Jakarta saja masih ada yang belum percaya kalau Covid-19 itu ada," pungkasnya.(*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES