Pendidikan

Keren, Mahasiswa KKN Sosiologi UNSRI Launching Dodol Kopi dan Kerupuk Kopi

Sabtu, 05 Desember 2020 - 08:37 | 168.13k
Launching Produk Inovasi KKN Tematik Sosiologi FISIP UNSRI di Desa Palak Tanah, Semende, Muara Enim (Foto: KKN FISIP Unsri)
Launching Produk Inovasi KKN Tematik Sosiologi FISIP UNSRI di Desa Palak Tanah, Semende, Muara Enim (Foto: KKN FISIP Unsri)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Keren, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sriwijaya (UNSRI) Jurusan Sosiologi memberikan inovasi masyarakat desa dengan melaunching produk Dodol Kopi dan Kerupuk Kopi Semende.

"Ini merupakan produk unggulan Desa Palak Tanah Semende Darat Tengah Muara Enim Sumatera Selatan dari hasil inovasi olahan kopi atas kaloborasi mahasiswa sosiologi KKN Unsri dengan kelompok ibu-ibu PKK, Karang Taruna dan Pemerintah Desa," ungkap Dosen Sosiologi FISIP Unsri Dra Dyah Hapsari, ENH, M Si, Sabtu (5/12/2020).

Lounching Produk Inovasi KKN b

Menurutnya, peran Mahasiswa dalam kegiatan ini yakni mendorong adanya inovasi olahan yang berbahan dasar kopi, packaging dan launching produk.

"Dalam prakteknya mahasiswa bersama ibu-ibu PKK saling berbagi ilmu terkait bagaimana pembuatan dodol dan kerupuk kopi serta membuat kemasan yang menarik nantinya dapat menjadi branding produk unggulan desa dalam mendorong progam Kementerian Desa yaitu One Village One Product," terang dosen senior Sosiologi ini.

Menurut Dyah, diharapkan produk yang dilaunching, Jumat (4/12/2020) kemarin ini, mampu menjadi produk berkelanjutan yang tentunya bisa memperbaiki dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang sebagian besar adalah petani kopi.

"Kegiatan KKN Tematik ini sebagai wujud nyata implementasi Program Merdeka Belajar di Universitas Sriwijaya, kami hadir untuk belajar dan berbagi pengalaman dan pengetahuan," ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Palak Tanah Haryanto,  menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa kelompok KKN Desa Palak Tanah. "Perannya yang sudah membawa inovasi yang belum terpikirkan sebelumnya oleh masyarakat,"ujar dia.

Lounching Produk Inovasi KKN c

Sedangkan Abdul Kholek, SSos, MA sebagai salah satu pembimbing KKN sangat menyayangkan masih minimnya kontribusi pihak swasta atau sektor privat dalam kegiatan tersebut.

"Karena sejatinya jika dilakukan kaloborasi antara universitas, masyararakat dan sektor Privat akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal, bagi menjawab tantangan dan perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,"terang Alumni Sosiologi FISIP UNSRI ini terkait produk dodol kopi dan kerupuk kopi Semende. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES